Ahmad Dhani Tak Terima Jadi Tersangka Ujaran Kebencian

0
A CumaBerita.com, Jakarta. Ahmad Dhani kembali ditetapkan sebagai tersangka atas tudingan ujaran kebencian. Jika kasus pertama yang ditangani oleh Polres Jakarta Selatan masih belum kelar, kali ini Ahmad Dhani ditetapkan menjadi tersangka oleh Polda Jawa Timur. Ahmad Dhani tak terima dengan statusnya tersebut.

Penetapan Ahmad Dhani sebagai tersangka setelah Polisi mendalami kasus deklarasi #2019GantiPresiden yang digaungkan Ahmad Dhani di Surabaya yang kemudian memicu keributan lantaran massa dengan nama Koalisi Bela NKRI tidak terima. Massa yang mengamuk kemudian direkam Ahmad Dhani sambil mengatakan jika mereka adalah ‘idiot’. Perkataan Dhani inilah yang kemudian menjadikannya tersangka ujaran kebencian. Ahmad Dhani menuding Polisi sebenarnya tidak paham mengenai ‘ujaran kebencian’.

Ahmad Dhani merasa diperlakukan tidak adil dengan penetapannya sebagai tersangka. Setelah ditetapkan sebagai tersangka dan mangkir dari panggilan polisi, tim kuasa hukum Ahmad Dhani menyatakan ada unsur kriminalisasi terhadap klien mereka. Dukungan dari Tim Kampanye Prabowo-Sandiaga terhadap Ahmad Dhani pun terus mengalir.

Namun, pihak kepolisian mempersilakan Ahmad Dhani mengikuti prosedur jika ingin membuktikan dirinya tidak bersalah. Ahmad Dhani berjanji penuhi panggilan polisi Ahmad Dhani. Ahmad Dhani menegaskan bahwa dirinya akan memenuhi panggilan penyidik Polda Jawa Timur.

Hal ini disampaikan Dhani untuk membantah bahwa dia mangkir dari panggilan pertama penyidik Polda Jawa Timur pada Kamis 18 Oktober 2018. Saat itu, Ahmad Dhani akan diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan pencemaran nama baik. Menurut Dhani, penyidik kepolisian mempunyai tiga kali kesempatan untuk memanggil saksi atau tersangka.

Selama saksi atau tersangka itu dapat memenuhi panggilan hingga batas akhir, maka tidak dapat disebut mangkir. Kuasa hukum Ahmad Dhani mencium adanya upaya kriminalisasi terhadap kliennya itu. Polda Jawa Timur mempersilakan pihak Ahmad Dhani menguji status hukum tersangka di pengadilan.

Baca Juga: Tips Aman Beli Properti Belajar dari Kasus Meikarta

Kabid Humas Polda Jawa Timur, membantah bahwa polisi melakukan kriminalisasi terhadap Ahmad Dhani melalui kasus vlog tersebut. Sementara itu, pihak Polda Jatim mengatakan jika penetapan Dhani sebagai tersangka sudah melalui pemeriksaan ahli bahasa. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply