Tim Penyelam Cek Lokasi, Sinyal Black Box Lion Air Terdeteksi

0
T CumaBerita.com, Jakarta. BPPT memakai Kapal Baruna Jaya I yang beroperasi di perairan Karawang hingga kini. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menurunkan USBL Transponder untuk mencari sinyal Kotak Hitam terkait kecelakaan pesawat Lion Air JT-610 pada Senin lalu.

Kepala Balai Teknologi Survei Kelautan (Teksurla) BPPT mengatakan saat ini pihaknya sudah menurunkan alat Ping Locator untuk menyusuri keberadaan Kotak Hitam dari pesawat tersebut. USBL Transponder kerjanya mirip-mirip dengan Ping Locator. Diketahui, Ping Locator menerima sinyal akustik dari Kotak Hitam, sehingga lokasi alat itu dapat diketahui keberadaannya. Sementara menurut Katim Operasi SAR Lion Air T610 – Tanjung Kerawang, Tris Handoyo, KR Baruna Jaya I masih menelusuri area Prioritas I pencarian bawah air.

Untuk penggunaan Remotely Operated Vehicles (ROV) imbuhnya, akan diturunkan setelah sinyal Kotak Hitam ditemukan. Diketahui, pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-610 jatuh di perairan Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat. Pesawat tersebut terbang dari Bandara Soekarno Hatta pada Senin 29 Oktober 2018 pukul 06.20 WIB menuju Bandara Depati Amir, Pangkalpinang.

Pilot sempat meminta kembali ke landasan sesaat setelah lepas landas. Pilot juga sempat melapor ke ATC Bandara Soetta adanya masalah pada flight control di ketinggian 1.500 kaki dan meminta naik ke ketinggian 5.000 kaki.

Kini tim SAR Gabungan telah mendapatkan sinyal kotak hitam atau black box pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-610. Wakil Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengatakan sinyal kotak hitam itu didapatkan dari lokasi pencarian jatuhnya pesawat bertipe Boeing 737 Max 8 tersebut.

Baca Juga: Video Skor Lazio vs Inter Milan 0-3, Hancur di Rumah Sendiri

Sinyal tersebut didapat dari alat Ping Locator dan telah dibuktikan dengan menggunakan robot penyelam atau Robotly Underwater Vehicle (ROV). Tim penyelam saat ini diterjunkan untuk membuktikan dan memastikan apakah sinyal tersebut berasal dari kotak hitam milik Lion Air JT-610. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply