Mesin Lion Air Ditemukan, TNI AL Tunggu Koordinasi Dengan KNKT

0
M CumaBerita.com, Jakarta. Tim SAR gabungan secara resmi menyerahkan seluruh barang temuan selama lima hari pencarian Pesawat Lion Air JT-610 yang terjatuh di perairan Karawang, Jawa Barat ke Komite Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT).

Secara rinci barang-barang yang diserahkan berupa puing-puing pesawat JT-610 yang sudah ditemukan tim SAR. Barang-barang itu kemudian dimasukkan ke dalam mobil boks milik KNKT untuk kemudian di bawa ke gudang KNKT. Di sisi lain Direktur Kesiapsiagaan Basarnas Didi Hamszar mengatakan meski barang-barang temuan sudah diserahkan ke KNKT proses pencarian oleh Tim SAR gabungan masih tetap berlanjut. Sejauh ini, baru sebagian kotak hitam yang telah diamankan tim SAR dan telah diserahkan ke KNKT.

Hari ini, KM Baruna Jaya I kembali melaut hari ini untuk mencari bagian lain dari kotak hitam di laut utara Karawang, Jawa Barat. Kotak hitam yang dicari adalah yang berisi rekaman suara percakapan pilot di kokpit atau cockpit voice recorder (CVR).

Kotak hitam FDR itu ditemukan di perairan Karawang oleh tim penyelam Taifib Marinir dari Kapal Baruna Jaya I. Pesawat Lion Air JT-610 rute Jakarta-Pangkalpinang hilang kontak setelah 13 menit lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta pada pukul 06.20 WIB, Senin 29 Oktober 2018.

Pesawat yang diketahui jatuh di perairan Karawang itu beregister PK-LQP, dan ada 181 penumpang (2 bayi, 1 anak) dan delapan awak di dalamnya. TNI Angkatan Laut sudah menemukan lokasi mesin pesawat Lion Air JT-610 yang tenggelam di perairan Tanjung Karawang meskipun belum bisa mengangkatnya.

Mesin tersebut cukup berat dan membutuhkan alat crane untuk mengangkatnya. Soal pengangkatannya, pihak TNI AL harus berkoordinasi lebih dulu dengan pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Pihak TNI AL juga tidak dapat memastikan soal kemungkinan mesin tersebut bergeser lokasinya karena arus air laut yang cukup kencang.

Baca Juga: Ibu Harus Pilih Sabun Bayi Berbahan Alami

Sejauh ini, pihak TNI AL mengatakan tim Kopaska sudah menandai lokasi penemuan mesin pesawat itu agar lebih lanjut bisa diangkat menggunakan crane. Tentang kondisi mesin, pihak TNI AL menyebut penutupnya sudah terbuka karena terpaan arus air laut. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply