Masih 87 Narapidana Kabur Pascarusuh Lapas Banda Aceh

0
M CumaBerita.com, Jakarta. Sebelumnya sebanyak 113 narapidana Lembaga Permasyarakatan (LP) Klas II A Lambaro, Aceh Besar kabur setelah membobol lapas. Sebanyak empat di antaranya berhasil ditangkap aparat Kepolisian Resor Kota Banda Aceh, sementara ratusan napi lainnya masih buron.

Polresta Banda Aceh sendiri telah mengerahkan ratusan personel untuk melakukan pengejaran narapidana yang kabur tersebut. Insiden ini bermula dari kerusuhan yang terjadi di dalam lapas pada Kamis 29 November 2018 pukul 18.30 WIB. Kerusuhan menyebabkan sejumlah jendela kaca hancur. Lebih seratusan penghuni penjara tersebut dilaporkan kabur melalui pintu utama. Belum diketahui penyebab kerusuhan LP Klas IIA Lambaro tersebut. Kerusuhan yang lebih parah juga pernah terjadi di LP Klas IIA Lambaro tersebut awal 2018 lalu. Ratusan penghuni penjara membakar bangunan kantor penjara tersebut.

Sampai saat ini sebanyak 87 narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banda Aceh masih melarikan diri pascainsiden rusuh lapas. Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) merinci, hingga Jumat 30 November 2018 baru 26 orang yang tertangkap dari total 113 napi yang kabur. Saat pelarian terjadi, pengamanan lapas yang dihuni 726 narapidana ini berkekuatan 10 petugas pengamanan yang terdiri dari 7 Calon Pegawai Negeri Sipil, satu anggota jaga, dan dua Petugas Pintu Utama (P2U).

Selain itu, Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (KPLP), Kepala Seksi Keamanan dan Ketertiban, dan 2 staf KPLP juga berada di lokasi. Peristiwa bermula ketika beberapa oknum narapidana menyalahgunakan waktu salat magrib untuk merancang pelarian dan mencoba merusak ornamesh (pagar kawat besi) yang memisahkan kamar hunian dengan kantor utama menggunakan barbel.

Saat ditegur petugas, narapidana melawan yang mengakibatkan seorang petugas terluka dan Kepala KPLP terkena siraman cairan yang diduga air cabai. Para narapidana yang berhasil melewati ornamesh merangsek menuju pintu akses P2U, namun terkunci.

Baca Juga: Daftar 8 Tim yang Sudah Lolos ke 16 Besar Liga Champions 2018/2019

Sehingga menuju aula yang beberapa waktu lalu terbakar dan menjebol besi teralis jendela yang menghadap ke arah luar lapas. Pihak Lapas Kelas IIA Banda Aceh langsung melakukan koordinasi dengan pihak TNI dan Kepolisian Resor Kota Banda Aceh untuk melakukan pengamanan dan pencarian narapidana yang melarikan diri. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply