CVR Lion Air Ditemukan Pasukan Katak di Tanjung Karawang

0
C CumaBerita.com, Jakarta. Sebelumnya operator maskapai penerbangan Lion Air mengklaim menganggarkan dana Rp38 miliar untuk melanjutkan pencarian korban pesawat JT610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, akhir Oktober lalu.

Hingga kini, sebanyak 64 korban belum ditemukan. Corporate Communications Strategic Lion Air mengatakan manajemen juga akan mencari kotak hitam, alat perekam suara di ruang kemudi pilot (cockpit voice recorder/CVR). Proses pencarian akan fokus pada pemetaan terakhir, yaitu area koordinat jatuhnya penerbangan JT610 dengan waktu operasional 10 hari berturut-turut pada Desember 2018. Kapal pencarian MPV Everest direncanakan mulai diproses masuk ke RI hari ini, setelah melalui proses imigrasi dan kepabeanan. Rencana ini mundur dari semula dimulai pada 15 Desember 2018.

Perkiraan waktu tempuh perjalanan dari Johor Bahru menuju perairan Karawang adalah 2 hari 5 jam. Komando Armada (Koarmada) I menemukan Cockpit Voice Recorder (CVR) Lion Air PK-LQP di Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin 14 Januari 2019.

CVR merupakan salah satu bagian dari kotak hitam (black box) yang diperlukan untuk menyelidiki percakapan antara pilot, kopilot, dan pihak pemandu lalu lintas udara (Air Traffic Control/ATC). CVR Lion Air itu ditemukan oleh penyelam dari unit Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Dinas penyelam bawah air (Dislambair) Koarmada I.

Saat ini CVR masih berada di atas KRI Spica dan belum bersandar ke dermaga. Rencananya akan digelar di atas kapal. Saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Komite Nasional Keselamatan Tranportasi (KNKT) untuk tindakan selanjutnya. Penemuan CVR Lion Air setelah tim melakukan pencarian selama enam hari sejak pekan lalu.

Baca Juga: Video Salma Hayek Pamer Lagi Mandi, Kecantikannya Bikin Terpesona

Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 jatuh di perairan Tanjung Karawang pada Senin, 29 Oktober 2018. Sebanyak 189 orang penumpang dan kru pesawat tujuan Pangkalpinang menjadi korban. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply