Video Momen Penting Debat Capres Perdana Pilpres 2019

0
V CumaBerita.com, Jakarta. Banyak gestur yang ditampilkan dua paslon dalam Debat Capres Perdana Pilpres 2019, baik pasangan 01 Jokowi-Ma’ruf ataupun 02 Prabowo Sandiaga-Uno. Beberapa di antaranya, aksi gulung lengan baju Jokowi, joget Prabowo dan aksi pijat bahu Sandi untuk Prabowo.

Sandi juga menyelipkan gestur cium tangan Ma’ruf Amin selama beberapa kali. Dalam gelaran debat capres perdana di Pilpres 2019, Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga sama-sama memberikan pernyataan yang menyerang satu sama lain. Gestur menjadi salah satu anasir menarik yang tak luput dianalisis usai gelaran debat capres dan cawapres perdana di Hotel Bidakara, Kamis 17 Januari 2019 malam.

Dalam pengertian sederhana, gestur punya arti komunikasi nonverbal dengan aksi tubuh yang terlihat mengomunikasikan pesan-pesan tertentu, baik sebagai pengganti wicara atau bersamaan dengan kata yang terucap. Makna gulung baju menyiratkan keinginan Jokowi untuk segera melanjutkan pekerjaan.

Perubahan gaya dari Jokowi dan Prabowo dalam debat perdana ini. Gestur Jokowi yang biasanya santai mendadak jadi lebih tegas, sementara Prabowo jadi lebih kalem. Sementara Prabowo, cenderung mengekspresikannya lewat gerak tangan menunjuk-nunjuk, sedangkan Jokowi menandakannya dengan mengulang-ngulang kata tersebut.

Pada Prabowo, terlihat peningkatan kedipan mata yang lebih cepat dari biasanya. Penyebabnya bisa jadi dua hal yang berbeda. Bisa stres, bisa juga udaranya dingin sekali jadi (berkedip) untuk membasahi mata.

Secara verbal, Cawapres Ma’ruf Amin bisa jadi paling Irit bicara. Panggung kubu 01 lebih didominasi Jokowi. Meski sempat memberi waktu Ma’ruf untuk melengkapi pernyataan Jokowi, Ma’ruf menolak sembari mengatakan cukup, saya mendukung pernyataan Pak Jokowi.

Baca Juga: Vanessa Angel Resmi Jadi Tersangka Kasus Prostitusi Online

Situasi itu memang sudah ditentukan sejak awal. Ma’ruf dinilai hanya akan berkontribusi pada tema-tema tertentu yang dia kuasai. Namun secara gestur wajah, Ma’ruf menebar positif di antara para kandidat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply