Pendaftaran Pegawai Pemerintah Kontrak Mulai Dibuka Besok

0
P CumaBerita.com, Jakarta. Pembukaan rekrutmen P3K boleh jadi dikatakan molor beberapa hari. Sebab sebelumnya, Kemenpan menyebut fase pertama rekrutmen akan dilaksanakan pada pekan keempat Januari 2019, selanjutnya fase kedua akan diselenggarakan setelah pemilu yang berlangsung pada April tahun 2019.

Pendaftaran untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) dibuka mulai besok, Jumat 8 Februari 2019. Pendaftaran dibuka untuk 150 ribu formasi yang meliputi guru honorer, tenaga kesehatan, tenaga penyuluh pertanian, dan tenaga fungsi teknis lainnya. Berbeda dengan syarat Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), pendaftaran P3K tidak dibatasi usia. Syarat ini dianggap memudahkan para pendaftar yang telah menjadi tenaga honorer bertahun-tahun. Hasil pendaftaran dan tes P3K akan diumumkan pada 23 Februari 2019. Proses ini terpaksa dikebut lantaran penggunaan komputer untuk tes harus bergantian dengan pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang akan menggunakan untuk Ujian Nasional pada Maret 2019.

Sementara untuk pendaftaran P3K nonhonorer akan dibuka pada Juli 2019 dengan 100 ribu formasi. Pendaftaran ini juga terbuka bagi para calon yang gagal mendaftar seleksi CPNS tahun lalu.

Status P3K ini serupa dengan Pegawai Negeri Sipil. Dalam UU Aparatur Sipil Negara telah menyatakan bahwa ASN meliputi PNS dan P3K. Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), menjelaskan teknis penyusunan kebutuhan P3K sama dengan teknis penyusunan kebutuhan CPNS.

Nantinya, instansi mengusulkan kebutuhan ke Kementerian PAN-RB kemudian BKN memberikan pertimbangan teknis pada Kementerian PAN-RB terkait kebutuhan formasi tersebut.

Kebutuhan formasi tersebut juga disesuaikan dengan ketersediaan alokasi belanja pegawai daerah yang tidak lebih dari 50 persen. Seperti diketahui, tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) tengah dipersiapkan Kemenpan-RB untuk para peserta calon pegawai negeri sipil yang tidak lolos tes.

Baca Juga: Video Emosi Ditilang! Pengendara Kalap Banting Motor

Pegawai yang berstatus P3K akan mendapatkan hak penerimaan pendapatan dan tunjangan yang sama dengan pegawai yang berstatus sebagai PNS. Hanya saja pegawai P3K tidak mendapatkan hak tunjangan hari tua. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply