Penjelasan Program Baru Jokowi: KIP Kuliah, Kartu Pra-Kerja dan Kartu Sembako Murah

0
P CumaBerita.com, Jakarta. Capres petahana Joko Widodo pamer 3 program anyarnya yakni Kartu sembako, Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, dan Kartu Pra-Kerja. Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan tiga program baru andalannya. Di antaranya adalah Kartu Sembako Murah, Kartu Indonesia Pintar Kuliah dan Kartu Pra-Kerja.

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin memberikan penjelasan. Kartu sembako merupakan program yang diperuntukkan bagi rakyat berpenghasilan rendah agar mereka memiliki keterjangkauan untuk membeli sembako dengan murah. Jokowi ingin agar masyarakat yang berpenghasilan rendah bisa memiliki keterjangkauan untuk membeli sembako murah. Selain itu, rakyat berpenghasilan rendah diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dasarnya tanpa harus dibebani dengan harga sembako yang tidak terjangkau. Kemudian KIP Kuliah merupakan program kelanjutan KIP yang menjadi andalan Jokowi. KIP merupakan program pelajar dengan wajib belajar 9 tahun. Di periode kedua nanti, pemerintah Jokowi akan menambahkan dengan pemberian bantuan pembiayaan bagi mereka yang hendak melanjutkan ke bangku kuliah.

Sementara itu Kartu Pra-Kerja merupakan program pelatihan bagi masyarakat yang belum memiliki skill dan keterampilan di dunia kerja. Nantinya mereka akan dilatih dan dibina agar lebih mumpuni. Jokowi juga memperkenalkan istilah SDM (Sumber Daya Manusia) Premium. SDM Premium ini adalah SDM yang memiliki keunggulan yang dihasilkan dari Perguruan Tinggi yang berkualitas.

Pak Jokowi akan terus meningkatkan kualitas perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Pemerintahan Jokowi lima tahun ke depan akan terus meningkatkan Dana Abadi untuk pendidikan dan penelitian. Jokowi juga akan membentuk Dana Abadi untuk mendukung perguruan tinggi terbaik di Indonesia agar bisa masuk dalam peringkat terbaik dunia.

Untuk tahun 2020, pemerintahan Jokowi menargetkan alokasi sebesar Rp 10 triliun. Lihat pengalaman 4 unicorn Indonesia yang telah menembus skala global. Indonesia memiliki unicorn terbanyak di Asia Tenggara yang telah memberikan manfaat bagi jutaan usaha kecil untuk masuk di dalam pasar nasional, regional dan global.

Baca Juga: Livy Andriany Partai NasDem Dituduh Sekamar Dengan Andi Arief

Dengan program-program anyar itu, TKN Jokowi-Ma’ruf optimis Indonesia akan semakin maju dengan SDM yang berkarakter, dan cerdas. Selain itu juga seluruh SDM Indonesia diharapkan memiliki kompetensi, skill dan berdaya saing di tingkat global. Ini merupakan tawaran program yang lebih solutif dan jelas yang akan dilaksanakan pemerintahan Jokowi dalam lima tahun ke depan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply