Siti Aisyah Cium Tangan Jokowi Tiga Kali, Bertemu di Istana

0
S CumaBerita.com, Jakarta. Sebelumnya Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menjelaskan soal pertemuan Siti Aisyah dan keluarganya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta. Retno mengatakan pertemuan itu atas permintaan Siti dan keluarganya yang ingin menyampaikan ucapan terima kasih secara langsung.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Siti Aisyah, warga negara Indonesia yang sebelumnya dituduh terlibat dalam pembunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa 12 Maret 2019 siang. Setelah pertemuan yang berlangsung sekitar 15 menit, Presiden Jokowi kepada wartawan menyampaikan rasa syukurnya karena Siti Aisyah sudah dapat terbebas dari ancaman hukuman yang sangat berat, dan sudah bisa berkumpul kembali dengan keluarganya, bapak, ibunya, dan kakaknya. Presiden Jokowi menjelaskan, bebasnya Siti Aisyah merupakan hasil dari proses pendampingan hukum dari pemerintah yang sangat panjang, yang lama, yang terus menerus.

Antara lain dengan menyewa pengacara, yang itu dilakukan sejak Siti ditangkap di Malaysia, kira-kira 2 tahun yang lalu. Secara resmi, lanjut Presiden, pemerintah yang diwakili oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi telah menyerahkan Siti Aisyah kepada keluarganya. Kepala Negara berpesan agar untuk sementara waktu, Siti Aisyah di rumah terlebih dahulu sampai nantinya agak tenang dan bisa merencanakan kehidupannya kembali.

Siti Aisyah yang dibebaskan dari dakwaan pembunuhan Kim Jong Nam di Malaysia, bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Begitu bertemu, Siti langsung mencium tangan Jokowi. Siti langsung meraih tangan Jokowi. Siti Aisyah mencium tangan Presiden dan mengucapkan terima kasih.

Siti lantas memperkenalkan keluarganya, yakni bapak, ibu, dan saudara perempuannya. Dalam pertemuan itu, orang tua Siti tampil sederhana, yakni mengenakan pakaian batik dan sandal. Setelah bersalaman dengan Jokowi, Siti kemudian menghampiri Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.

Baca Juga: Siti Aisyah Bebas, Kurangnya Bukti di Kasus Kim Jong-Nam

Siti juga mencium tangan Retno. Siti Aisyah kemudian menghampiri Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly dan mencium tangan menteri tersebut. Selanjutnya, Jokowi mengajak Siti Aisyah dan keluarganya masuk ke ruang utama Istana Merdeka untuk berbincang. Namun pertemuan itu dilakukan tertutup dari awak media. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply