Bandara Jogja NYIA Rekrut Tenaga Kerja, Direncanakan Beroperasi Awal April 2019

0
B CumaBerita.com, Jakarta. Progres pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) sudah mencapai 82% hingga pertengahan Maret 2019. Bahkan, Manajer Proyek NYIA, memastikan NYIA sudah bisa didarati pesawat berbadan sempit atau narrow body aircraft dalam lima hari ke depan. Konstruksi pengaspalan lapis awal landasan pacu bandara pun sudah rampung.

Untuk runway sudah tertutup aspal semua. Kemudian masuk layer pertama dan dalam lima hari ke depan layer kedua setebal 7,35 sentimeter sudah selesai. Itu sudah bisa menerima beban dari pesawat narrow body seperti Boeing 737 dan Airbus A320 seperti di Bandara Adisutjipto. Sepekan ke depan, Angkasa Pura I mempersiapkan proses verifikasi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (DJPU) Kementerian Perhubungan RI. Dalam sepekan ke depan akan mempersiapkan verifikasi dari DJPU Kementerian Perhubungan RI. Menurutnya, nanti setelah ada verifikasi, pihaknya menunggu catatan rekomendasi dan mandatori.

Manajer Proyek NYIA menyatakan proyek NYIA mampu menyerap ribuan tenaga kerja dengan beragam jenis pekerjaan. Sampai saat ini, jumlah pekerja proyek Bandara New Yogyakarta International Airport sudah mencapai 5.000 orang dengan berbagai spesifikasi pekerjaan.

Tim manajemen PT Angkasa Pura I yang menangani sumber daya manusia (SDM) juga sudah mulai merekrut tenaga kerja untuk pengoperasian minimum penerbangan internasional yang direncanakan pada awal April 2019. Adapun rekrutmen tenaga kerja yang dibutuhkan, seperti security, office boy, hingga calon pegawai lainnya.

Terkait dengan keterlibatan pekerja lokal, khususnya warga terdampak pembangunan Bandara NYIA sampai saat ini sudah banyak warga yang masuk dan terlibat dalam proyek NYIA. Untuk pekerja profesional, AP I telah memberikan training seperti ground handling dengan sertifikasi nasional sebanyak 39 orang.

Baca Juga: Daftar Rapelan Kenaikan Gaji PNS Awal April 2019 Cair

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kulon Progo mengatakan kebutuhan tenaga kerja di NYIA sangat besar, khususnya di bagian cleaning servis. Kebutuhan paling banyak cleaning servis, hampir separuh dari kebutuhan mereka, tapi jumlah pastinya berapa kewenangan itu kewenangan API. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply