MRT Jakarta Gratis Seminggu, Diresmikan 24 Maret 2019

0
M CumaBerita.com, Jakarta. Saat ini masyarakat yang ingin menjajal kereta Ratangga MRT Jakarta tak perlu mendaftar lagi seperti sebelumnya. PT MRT Jakarta memberikan kesempatan untuk hari ini dan Sabtu 23 Maret 2019 besok bisa langsung mencoba MRT dengan datang ke stasiun.

Dikutip dari pengumuman MRT Jakarta di akun resmi Instagram @mrtjakarta, kesempatan menjajal MRT Jakarta tersebut dibuka tanpa ada batasan kuota. Uji coba dibuka dari pukul 07.00-17.00 WIB. Adapun calon penumpang hanya perlu membawa data diri dan mengisi form yang sudah disediakan di stasiun. Pendaftaran dapat dilakukan di stasiun langsung tanpa dikenakan biaya. MRT sendiri merencanakan uji coba publik hingga Minggu, 24 Maret 2019 mendatang. Namun rencananya peresmian pengoperasian MRT akan dilakukan pada hari terakhir tersebut. Moda raya terpadu (MRT) akan beroperasi pada tanggal 25 Maret 2018, sehari setelah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dijadwalkan pada 24 Maret 2019.

Direktur Utama PT MRT Jakarta mengatakan, MRT akan benar-benar operasi komersial pada 1 April 2019. Selama seminggu dari tanggal 25 hingga 31 Maret 2019, MRT berlaku gratis. Meski demikian, dalam pengoperasian gratis ini masyarakat tetap membeli kartu. Dengan demikian, masyarakat menempelkan kartu ke alat pembayaran tapi saldonya tidak terpotong.

MRT sendiri sudah siap beroperasi, baik dari segi teknis maupun legal. Lantaran, MRT baru saja mendapat izin operasi untuk sarana dan prasarana. Masyarakat mesti membeli kartu untuk naik moda raya terpadu (MRT). Meski, MRT beroperasi secara gratis selama seminggu dari tanggal 25 hingga 31 Maret 2019.

Ada dua jenis kartu untuk MRT yakni single trip dan multi trip ticket. Harga untuk single trip sebesar Rp 15 ribu dan multi trip Rp 25 ribu. Jumlah kartu yang dicetak untuk single trip sebanyak 490 ribu kartu dan multi trip 300 ribu kartu. Kartu ini bisa didapatkan masyarakat di vending machine dan sales offices di tiap stasiun MRT.

Baca Juga: Bandara Jogja NYIA Rekrut Tenaga Kerja, Direncanakan Beroperasi Awal April 2019

Dua kartu ini memiliki sistem kerja berbeda saat benar-benar operasi komersial pada 1 April mendatang. Untuk single trip, tarif berlaku sesuai dengan tempat asal dan tujuan. Sementara, untuk multi trip masa kartunya lebih panjang tergantung dari saldo yang dimiliki penumpang. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply