Sosok Bowo Sidik Pangarso, Politikus Golkar yang Kena OTT KPK

0
S CumaBerita.com, Jakarta. Beberapa saat yang lalu KPK menangkap politikus Golkar, Bowo Sidik Pangarso dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT). Saat ini Bowo Sidik Pangarso sudah berada di Gedung KPK untuk menjelani pemeriksaan. Bowo sendiri duduk di Komisi VI DPR. KPK menyatakan OTT tersebut berkaitan dugaan transaksi haram pada distribusi pupuk menggunakan kapal.

Namun, KPK belum menjelaskan detail distribusi pupuk apa dan dengan tujuan ke mana yang menjadi pokok permasalahan. Saat ini Bowo Sidik Pangarso berstatus sebagai terperiksa. Namun status hukumnya bisa saja berubah karena KPK memiliki waktu 1 x 24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang ditangkap. Berikut sekilas profil mengenai Bowo Sidik Pangarso. Pada periode 2014-2019 Bowo Sidik Pangarso duduk di Komisi VII yang membidangi riset dan teknologi, lingkungan hidup dan energi sumber daya mineral. Pada April 2015 terjadi banyak mutasi di Fraksi Golkar dan sekarang Bowo Sidik Pangarso ditugaskan di Komisi VIII yang membidangi agama, sosial dan pemberdayaan perempuan. Mobil-mobil mewah masih menarik mereka yang memiliki uang berlebih. Misalnya anggota DPR dari Fraksi Golkar Bowo Sidik Pangarso.

Bowo Sidik Pangarso yang tertangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait distribusi pupuk diketahui memiliki harta senilai Rp 10,4 miliar. Di dalam daftar harta kekayaannya yang dilaporkan Bowo Sidik Pangarso Februari 2018 yang tercantum dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tak banyak aset yang dimilikinya. Namun di dalamnya terdapat dua mobil mewah terdaftar.

Dua mobil itu antara lain Toyota Vellfire keluaran tahun 2010 yang dibeli dari hasil sendiri senilai Rp 350.000.000 dan Toyota Prado buatan tahun 2011 seharga Rp 400.000.000. Meski begitu, jika melihat tahun kelahiran dua mobil Bowo Sidik Pangarso terbilang model lama. Seperti diketahui baik Vellfire maupun Prado masing-masing memiliki model baru sejak 2018.

Baca Juga: Kronologi Pembunuhan Calon Pendeta Cantik di OKI Sumsel

Selain dua mobil mewah keluaran Toyota, Bowo tercatat memiliki tanah dan bangunan senilai Rp 10.500.000.000 miliar serta kas dan setara kas sebesar Rp 766.296.634. Total ada 8 orang yang diamankan KPK dalam OTT kali ini. Selain itu, KPK juga mengamankan uang dalam pecahan rupiah dan dolar AS serta mobil Toyota Alphard. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply