Ruko ‘Gudang’ Surat Suara Tercoblos di Malaysia Dibuka Polisi

0
R CumaBerita.com, Jakarta. Hingga saat ini KPU masih mengumpulkan data-data pelaksanaan Pemilu 2019 terkait temuan surat suara tercoblos di Selangor. Pengumpulan data ini dilakukan KPU dengan menggelar rapat bersama Bawaslu dan panitia pemilihan luar negeri (PPLN). Namun tidak dijelaskan data-data yang dimaksud.

KPU juga tak memaparkan keterangan yang disampaikan PPLN terkait surat suara tercoblos. Keterangan PPLN, menurut KPU, masih harus dianalisis. KPU hanya menerangkan soal gudang penyimpanan logistik pemilu di Kuala Lumpur. Surat suara, menurutnya, disimpan di gudang KBRI. Ketua Panwaslu Kuala Lumpur sebelumnya lewat keterangan tertulis memaparkan kronologi penggerebekan surat suara tercoblos pada Kamis 11 April 2019. Temuan ini berawal dari laporan Relawan PADI (Prabowo-Sandi). Ada dua lokasi temuan surat suara tercoblos. Lokasi pertama, Taman Universiti Sungai Tangkas Bangi 43000 Kajang, Selangor.

Sejumlah surat suara pilpres tercoblos untuk paslon nomor urut 01, sedangkan surat suara pileg tercoblos untuk caleg NasDem DPR nomor urut 3. Sedangkan lokasi kedua adalah kawasan Bandar Baru Bangi, Selangor, tempat ditemukan 158 karung berisi surat suara. Beberapa surat suara pilpres tercoblos untuk paslon nomor urut 01. Hampir sama dengan lokasi sebelumnya, tapi di lokasi kedua ini ada juga surat suara yang sudah tercoblos di kertas caleg DKI Dapil II dari NasDem nomor urut 2 dan beberapa tercoblos untuk caleg Demokrat nomor urut 3.

Kepolisian Selangor, Malaysia membuka pintu ruko tempat ditemukannya surat suara tercoblos. Di depan ruko, garis polisi masih terpasang. Dua polisi berjaga di depan ruko di Lot Kedai Jalan Aman Utama, Seksyen 2/16, Kajang Utama, Kajang, Selangor. Tapi belum ada keterangan dari kepolisian Malaysia mengenai aktivitas yang dilakukan.

Kepala Kepolisian Selangor, Malaysia, mengonfirmasi adanya laporan polisi dari 2 WNI mengenai temuan surat suara tercoblos. Di lokasi diketahui komisioner KPU termasuk anggota Bawaslu ikut memantau, namun dari kejauhan. Hingga saat ini, pihak lain belum diizinkan polisi Malaysia memasuki ruko temuan surat suara tercoblos.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Kartu Sakti Terwujud 2020, Relawan Teriak ‘Yaah’

Selain di lokasi ini, temuan surat suara tercoblos berada di kawasan Bandar Baru Bangi. KPU, Bawaslu dan PPLN sudah melakukan pertemuan di KBRI Kuala Lumpur. KPU-Bawaslu masih mengumpulkan data-data atas temuan surat suara tercoblos. Rencananya penjelasan hasil investigasi dilakukan Sabtu 13 April 2019. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply