Hasil Quick Count Sementara CSIS-Cyrus Jokowi 56,5% Prabowo 43,5%

0
H CumaBerita.com, Jakarta. Siapa paslon pemenang Pilpres 2019 sudah bisa diketahui sore ini. Hasil itu bisa diketahui lewat proses hitung cepat yang dilakukan oleh elemen masyarakat.

Mudah-mudahan nanti sore jam 17.00 WIB, kita sudah tahu hasilnya, meskipun tentu hasil resmi (KPU) secara manual diumumkan satu bulan kemudian. Jadi masyarakat jangan terkecoh, yang nanti sore hasil perhitungan masyarakat yang belum resmi. Tetapi akurasinya di atas 99 persen, naik turunnya masih di dalam margin itu kira-kira sebulan. Ada beberapa hal yang berbeda antara penyelenggaraan Pemilu 2019 dengan Pemilu sebelum-sebelumnya. Yang berbeda dengan Pemilu sebelumnya, agak repot penghitungan bisa sampai pagi, karena surat suara banyak. Memang agak repot, terus banyak calon yang belum dikenal, (pemilih) harus berpikir dan mencari satu per satu, membayangkan rekam jejak (calon), cukup lama.

Setiap orang membutuhkan sekitar 5 menit di bilik, tetapi ada empat bilik sehingga (harapannya) bisa selesai pada waktu yang ditentukan. Berbagai lembaga survei menggelar hitung cepat (quick count) seusai pemungutan suara Pemilu 2019, di antaranya CSIS-Cyrus Network. Hasil sementara hitung cepat Pilpres 2019 mengunggulkan Jokowi-Ma’ruf. Hingga pukul 15.06 WIB, data yang masuk ke quick count CSIS-Cyrus Network sebesar 60,7%.

Berikut hasilnya.

01. Jokowi-Ma’ruf: 56,5%
02. Prabowo-Sandiaga: 43,5%

Quick count atau hitung cepat adalah metode verifikasi hasil pemilihan umum yang dilakukan dengan menghitung persentase hasil pemilu di tempat pemungutan suara (TPS) yang dijadikan sampel.

Baca Juga: Ini Bedanya Quick Count, Real Count, dan Exit Poll

Hasil quick count ini merupakan hasil sementara. Hingga saat ini, data terbaru masih masuk ke lembaga survei yang mengadakan quick count. Data quick count bukan hasil resmi Pilpres 2019. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply