Pelaku di Balik Rentetan Bom Paskah Sri Lanka dari Keluarga Kaya Raya

0
P CumaBerita.com, Jakarta. Otoritas Sri Lanka menduga militan lokal NTJ, yang dibantu jaringan internasional, ada di balik rentetan ledakan bom yang mengguncang tiga gereja, empat hotel mewah dan sebuah rumah di Sri Lanka pada Minggu 21 April 2019 lalu.

Pada Selasa 23 April 2019, Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom tersebut. Video yang dirilis ISIS mengungkapkan sosok pemimpin NTJ, Zahran, yang diyakini sebagai dalang utama rentetan bom mematikan itu. Dua dari sembilan pengebom bunuh diri dalam serangan saat Paskah di Sri Lanka diketahui bersaudara dan berasal dari keluarga kaya raya. Ayah dari dua kakak-beradik pengebom itu dikenal sebagai pedagang rempah yang dikagumi banyak orang. Kepolisian Sri Lanka tidak merilis nama-nama pengebom bunuh diri itu. Meskipun otoritas Sri Lanka menyatakan telah mengidentifikasi delapan dari total sembilan pengebom yang salah satunya seorang wanita tersebut. Namun laporan media-media lokal Sri Lanka, menyebut bahwa kakak-beradik pengebom itu bernama Inshaf (Imsath) Ahmed Ibrahim dan Ilham Ahmed Ibrahim.

Keduanya merupakan putra seorang pengusaha muslim kaya raya di Colombo bernama Mohamed Ibrahim. Kakak-beradik itu diketahui tinggal di sebuah rumah mewah tiga lantai yang ada di kawasan kelas menengah atas Mahawela Gardens di pinggiran Colombo. Menurut para tetangga juga para anggota komunitas muslim Colombo, keluarga Ibrahim merupakan salah satu keluarga muslim terkaya di Colombo, yang memiliki koneksi baik dengan kalangan pengusaha maupun elite politik Sri Lanka.

Kepolisian setempat menyatakan ayah dari kakak-beradik pengebom itu, Ibrahim, ikut ditangkap saat polisi melakukan penyelidikan. Rekaman video yang beredar, menunjukkan Ibrahim digiring polisi dari rumahnya. Otoritas setempat belum mengumumkan dakwaan untuknya. Wakil Presiden Dewan Muslim Sri Lanka, yang mengaku tahu soal keluarga Ibrahim menyebut sang ayah merupakan anggota terkemuka dari komunitas muslim setempat.

Wakil Presiden Dewan Muslim Sri Lanka menyebut Ibrahim yang memiliki enam anak laki-laki dan tiga anak perempuan ini sebagai pengusaha yang ‘sangat kaya’ dan anak-anaknya ‘mendapat pendidikan yang baik di luar negeri’.

Baca Juga: Tips Mengatasi Keringat Berlebih Tanpa Meninggalkan Noda

Sang kakak, Ishaf, yang seorang wiraswasta diketahui memiliki pandangan yang lebih moderat dan dikenal dermawan dalam memberikan sumbangan untuk staf juga warga sekitarnya. Inshaf diketahui telah menikah dengan seorang putri pengusaha perhiasan kaya raya dan sama sekali tidak ada masalah keuangan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply