Kronologi Bupati Talaud Kena OTT KPK

0
K CumaBerita.com, Jakarta. Sri Wahyumi Maria Manalip, Bupati Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut) ditangkap KPK. Sri Wahyumi dijerat dalam operasi tangkap tangan (OTT). Kabiro Humas KPK belum memberikan respons terhadap hal ini, Begitu pun seluruh pimpinan KPK yang dihubungi secara terpisah.

Dalam OTT, KPK membutuhkan 1 x 24 jam untuk melakukan pemeriksaan awal bagi mereka yang terjaring OTT. Setelah itu, KPK akan menentukan status hukum mereka apakah menjadi tersangka atau hanya sebagai saksi. Pengumuman tersangka bagi mereka yang terkena OTT biasanya akan disampaikan KPK dalam konferensi pers keesokan hari setelah OTT. KPK menjerat Bupati Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut), Sri Wahyumi Maria Manalip dalam operasi tangkap tangan (OTT). Sri diduga menerima hadiah barang-barang mewah. Diduga hadiah yang diberikan berupa tas, jam, dan perhiasan berlian dengan nilai sekitar ratusan juta rupiah.

Barang-barang mewah itu diduga diterima Sri terkait pengadaan proyek di daerahnya. KPK menyebut, selain Sri, ada seorang lagi yang ditangkap tetapi belum disebutkan identitasnya. Selain itu, KPK turut menangkap 4 orang dari unsur swasta pada Senin, 29 April, tengah malam. Mereka ditangkap di Jakarta dan saat ini sudah berada di kantor KPK. Pemilihan umum Bupati Kepulauan Talaud 2018 merupakan pemilihan umum di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati periode 2018-2023.

Ini merupakan pemilihan bupati secara langsung ketiga setelah Pilkada Talaud 2008 dan Pilkada Talaud 2013. Bupati petahana, Sri Wahyumi Maria Manalip, maju kembali melalui jalur perseorangan berpasangan dengan Gunawan Talenggoran, Wakil Ketua DPRD dan Ketua DPC Partai Demorkat Kepulauan Talaud.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kantongi 3 Kandidat Ibu Kota Baru

Wakil Bupati petahana, Petrus Simon Tuange, sempat mencalonkan diri namun kemudian tidak mendaftar ke KPU dan dilantik menjadi Pelaksana Tugas Bupati Kepulauan Talaud selama masa pemberhentian sementara dan dilanjutkan cuti kampanye Bupati petahana. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply