Libur Cuti Lebaran PNS 11 Hari, Mulai 30 Mei-9 Juni 2019

0
L CumaBerita.com, Jakarta. Jelang lebaran, selain berkumpul dengan sanak keluarga, tradisi yang juga dinanti-nanti adalah Tunjangan Hari Raya (THR). Umumnya nominal THR diberikan senilai satu bulan gaji dan masuk ke kantong paling lambat sepekan jelang hari H. Bicara THR, pemerintah juga menganggarkan Rp20 triliun untuk membayarkan THR para abdi negara alias PNS.

Jumlah ini meningkat 11,85 persen dibanding alokasi tahun lalu, yakni Rp17,88 triliun. Tak seperti alokasi bantuan sosial (bansos) yang menyasar masyarakat tidak mampu, alokasi THR justru diberikan kepada seluruh golongan. Sementara, secara kontribusi, masyarakat tidak mampu penerima bansos cuma menyumbang 20 persen terhadap konsumsi rumah tangga secara keseluruhan. Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan libur cuti bersama bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam rangka perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah atau Lebaran akan dimulai pada tanggal 30 Mei hingga 9 Juni 2019. Bila ditotal, jumlah cuti bersama bagi para abdi negara pada Lebaran tahun ini mencapai 11 hari.

Jumlah itu lebih banyak dibanding libur cuti Lebaran 2018 yang hanya 10 hari. Kendati BKN telah menyatakan masa libur cuti bersama bagi PNS dalam rangka Lebaran 2019, namun Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani belum bisa memastikan waktu libur cuti bersama itu bisa diputuskan.

Pada saat yang sama, proyeksi libur nasional Lebaran sudah beredar di masyarakat, yaitu pada tanggal 5-6 Juni 2019. Menurut Puan Maharani, pemerintah masih perlu melakukan rapat koordinasi sekaligus menunggu kepastian hilal peringatan 1 Syawal dari Kementerian Agama.

Tahun lalu, tiga kementerian melalui koordinasi di bawah Puan Maharani memutuskan libur cuti bersama dalam rangka Lebaran pada 11-20 Juni 2019. Penetapan itu merupakan keputusan pertama libur cuti Lebaran mencapai 10 hari.

Baca Juga: Video Liverpool Gilas Barcelona Dalam Comeback Sensasional di Anfield

Pemerintah sengaja memberikan libur cuti Lebaran sebanyak 10 hari demi mengurangi potensi kemacetan yang terjadi kala mudik Lebaran. Pemerintah berharap jatah libur yang lebih panjang bisa membuat masyarakat silih berganti melakukan mudik, sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan saat puncak mudik. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply