Daftar Lowongan CPNS Mau Dibuka, Ini Posisi Paling Dibutuhkan

0
D CumaBerita.com, Jakarta. Saat ini pemerintah masih menyusun Peraturan Menteri PANRB (Permenpan) yang menjadi payung hukum terhadap pembukaan lowongan tersebut. Sebanyak 254.173 lowongan untuk jadi Aparatur Sipil Negara (ASN) akan dibuka tahun ini.

Lowongan itu merupakan gabungan untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) atau pegawai setara PNS. Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Mudzakir mengatakan waktu pembukaan lowongan tersebut masih terus dibahas. Meski begitu, Mudzakir mengatakan bahwa sejatinya waktu pembukaan lowongan tersebut telah diperkirakan langsung oleh Menteri PANRB (Menpan) Syafruddin. Di mana, Syafruddin memperkirakan pembukaan dilakukan pada bulan Oktober. Sebelumnya diketahui, Syafruddin mengatakan lowongan CPNS dan PPPK akan dibuka sehabis lebaran.

Syafruddin menyebut akan membuka lowongan P3K di bulan Agustus, dan CPNS di bulan Oktober. Lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan dibuka tahun ini.

Ada sejumlah posisi dan wilayah yang akan mendapatkan prioritas dalam penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) 2019 ini. Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Mudzakir mengatakan untuk penerimaan CPNS dan PPPK tahun ini akan diprioritaskan untuk tenaga di bidang kesehatan dan pendidikan.

Sedangkan untuk wilayahnya akan diutamakan bagi daerah yang tidak melakukan rekrutmen CPNS pada tahun lalu. Mudzakir juga mengatakan, saat ini pihaknya masih terus menerima usulan terkait rincian formasi yang dibutuhkan dari masing-masing instansi. Tahun ini sendiri, kebutuhan akan CPNS dan PPPK mencapai 254.173 formasi.

Baca Juga: Kenali Kanker Darah, Penyakit yang Diidap Ani Yudhoyono Semasa Hidup

Namun, Mudzakir belum bisa memastikan kementerian atau daerah mana yang akan mendapatkan formasi penerimaan CPNS dan PPPK. Sebab, saat ini Panitia Seleksi Nasional masih terus melakukan persiapan untuk proses pendaftaran dan seleksi CPNS dan PPPK. Jika proses persiapan sudah selesai maka pendaftarannya akan segera diumumkan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply