Kini Setya Novanto ‘Tinggal Bareng’ Teroris di Lapas Gunung Sindur

0
K CumaBerita.com, Jakarta. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jabar Liberti Sitinjak mengatakan Setya Novanto memang berada di luar Lapas Sukamiskin sejak 12 Juni 2019 lalu. Menurut Liberti.

Koruptor kasus e-KTP itu menjalani perawatan di Rumah Sakit Santosa Bandung akibat sakit jantung koroner dan nyeri bahu. Menurut Liberti, Setya Novanto seharusnya kembali ke Sukamiskin kemarin. Namun, Setya Novanto justru pelesiran ke sebuah toko bangunan di Padalarang. Dalam hitungan Goggle Maps, jarak RS Santosa dan tempat Setya Novanto pelesiran mencapai 20 kilometer. Atas insiden ini, pihak Kemenkum HAM sudah mengambil sikap. Setya Novanto telah dipindahkan dari Lapas Sukamiskin ke Gunung Sindur kemarin malam. “Ini murni peristiwa hari ini yang mendasari saya mengambil keputusan malam ini juga. Ini tindakan yang harus saya lakukan sebelum saya melaporkan kepada Pak Menteri,” kata Liberti.

“Atas nama Kemenkum HAM, saya mohon maaf kepada publik, bahwa apa yang terjadi hari ini adalah murni kesalahan kami dan sebagai konsekuensi dari kelalaian, pemeriksaan sedang kami lakukan,” kata Liberti menambahkan. Narapidana kasus korupsi e-KTP, Setya Novanto langsung ditempatkan di Rumah Tahanan (Rutan) khusus narapidana teroris setibanya di Lembaga Pemasyarakatan Gunung Sindur Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada pukul 01.30 WIB, Sabtu 15 Juni 2019.

Rutan khusus narapidana teroris ini sebagian kecilnya tetap dihuni oleh narapidana kasus lain. Jika dihitung, dari ratusan narapidana teroris, hanya sekitar 20 narapidana dengan kasus selain terorisme. Meski begitu, masing-masing narapidana di Rutan Gunung Sindur ini menurut Sopiana memiliki sel sendiri.

Sehingga, Setya Novanto tetap berbeda sel dengan para narapidana teroris di Rutan Gunung Sindur. Setya Novanto awalnya dipenjara di Lapas Sukamiskin, Bandung. Namun Kementerian Hukum dan HAM memindahkan mantan Ketua DPR itu ke Lapas Gunung Sindur, setelah ketahuan berpelesir ke sebuah toko bangunan di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Baca Juga: Foto Setya Novanto Saat Jalan-jalan ke Toko Bangunan Mewah

Hal tersebut diketahui dari foto yang menunjukkan dirinya tengah bersama sang istri di toko bangunan yang bersangkutan. Apa yang dilakukan Setya Novanto itu bertolak belakang dengan izin yang dia dapatkan. Sebelumnya, Setya Novanto diketahui hanya izin keluar Lapas Sukamiskin untuk berobat rawat inap di RS Santosa, Bandung. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply