Foto Jokowi dan Trump Berbagi Permen di Sela KTT G20

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Ada yang menarik saat Presiden Joko Widodo memamerkan foto ketika ia bersama sejumlah pemimpin negara lainnya menikmati permen yang dibagikan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, di sela Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Jepang pada Jumat 28 Juni 2019.

“Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbagi permen kepada yang lain,” tulis Jokowi sembari mengunggah foto di akun Instagram resminya. Dalam foto itu, Presiden Joko Widodo dan Trump terlihat sedang memasukkan permen ke dalam mulut sembari berbincang dengan Presiden Brasil, Jair Bolsonaro; Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Antonio Guterres; Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte; dan Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte. “Obrolan sejenak bersama para pemimpin negara G20 di ruang Leaders’ Area, gedung INTEX Osaka, Jepang, sambil menantikan sesi official welcome dan family photo,” tulis Presiden Joko Widodo. Dalam KTT G20 ini sendiri, Jokowi akan mengangkat isu pengembangan inovasi ekonomi digital dan kesenjangan.

“Saya akan bicara mengenai dua hal, pertama berkaitan dengan inovasi digital ekonomi dan bagaimana mengatasi kesenjangan,” kata Presiden Joko Widodo sebelum bertolak ke Jepang di Bandara Halim Perdana Kusumah. Dalam jumpa pers rutin, juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir, menuturkan Presiden Joko Widodo akan menghadiri empat sesi pertemuan G20 selama dua hari.

Sesi pertama pertemuan akan membahas kondisi perekonomian global seperti perdagangan dan investasi. Sesi selanjutnya akan mendiskusikan pengembangan inovasi ekonomi digital dan kualitas infrastruktur. Pada sesi ketiga, para pemimpin negara akan membahas isu ketenagakerjaan, pemberdayaan perempuan, hingga pembangunan inklusif.

Perubahan iklim, isu energi, dan lingkungan hidup juga akan dibahas dalam sesi keempat pertemuan G20. Di luar empat fokus itu, Presiden Joko Widodo juga akan mengangkat isu inklusifitas dalam pengembangan ekonomi digital dan pemberdayaan sumber daya manusia dalam rangka pembangunan berkelanjutan.

Selain menghadiri rangkaian rapat G20, Jokowi juga akan melakukan pertemuan bilateral di sela-sela konferensi. Sejauh ini, ada sekitar 14 pemimpin negara yang mengajukan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Jokowi Akan Bagi Ratusan Ribu Ha Lahan Untuk Rakyat

Namun, baru dua negara, yaitu Arab Saudi dan Australia, yang benar-benar mengindikasikan ingin melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo. Dalam pertemuan bilateral dengan Saudi, Jokowi dijadwalkan akan bertemu Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MbS). (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply