Buat PNS, Gaji Ke-13 Sudah Cair

0
B CumaBerita.com, Jakarta. Pemerintah mengalokasikan gaji ke-13 untuk kebutuhan sekolah. Pemerintah memastikan gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil (PNS) cair besok Selasa 2 Juli 2019.

Demikian disampaikan Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Nufransa Wira Sakti. Tunjangan yang dimaksud ialah tunjangan yang bisa diterima PNS setiap bulannya. Pemerintah mengalokasikan sekitar Rp 20 triliun. Itu termasuk gaji ke-13 yang diberikan ke pensiunan. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebut gaji ke-13 PNS, TNI, Polri, dan pensiunan cair pada hari ini, Selasa (2/7). Kemenkeu sebelumnya telah menganggarkan Rp20 triliun guna pembayaran ‘bonus’ Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut.

Pembayaran gaji ke-13 PNS akan meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan tunjangan kinerja. Jenis komponen yang tertuang dalam PP Nomor 19 Tahun 2018 itu lebih banyak dari 2017 yang hanya terdiri dari gaji pokok.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku telah menganggarkan pencairan THR dan gaji ke-13 PNS dan pensiunan masing-masing sebesar Rp20 triliun sehingga totalnya mencapai Rp40 triliun. Ia berharap pembayaran gaji ke-13 bisa menjadi stimulus bagi tingkat konsumsi masyarakat.

Baca Juga: Pembawa Anjing ke Masjid Bogor Jadi Tersangka Penodaan Agama

Pemerintah pusat mengalokasikan belanja pegawai untuk pos belanja Kementerian/Lembaga dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 sebesar Rp224,4 triliun. Kemudian, untuk belanja pegawai di pos belanja non K/L sebesar Rp157,15 triliun. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply