Baiq Nuril Tersenyum saat DPR Ketok Palu Setujui Amnesti

0
B CumaBerita.com, Jakarta. Baiq Nuril sebelumnya menjadi terpidana pelanggaran UU ITE terkait percakapan mantan atasannya di SMAN 7 Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB) yang menjurus ke arah pelecehan seksual. Sudut-sudut bibir Baiq Nuril Maknun terangkat ketika seruan ‘setuju’ menggema di ruang sidang paripurna DPR RI, Jakarta, Kamis 25 Juli 2019.

Amnesti yang dimohonkannya sebagai terpidana kasus pelanggaran Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) itu disetujui anggota DPR agar diberikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Wajahnya seolah menampilkan suasana hati yang lega setelah harapannya agar terbebas dari kasus hukum yang melilitnya semakin mendekati garis finis. Kini, Baiq tinggal menunggu Jokowi menerbitkan Keputusan Presiden terkait pemberian amnesti untuknya. Baiq pun tak kuasa menahan tangis yang jatuh dari matanya. Sambil memeluk anaknya Rafi, ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu perjuangannya hingga saat ini. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan keputusan presiden (keppres) terkait pemberian amnesti kepada Baiq Nuril Maknun kemungkinan terbit Senin 29 Ju;i 2019. Keppres tersebut nantinya akan ditandatangani Presiden Joko Widodo.

Moeldoko menyatakan setelah DPR memberi pertimbangan dan menyetujui amnesti untuk Baiq Nuril, terpidana kasus pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), maka pemerintah segera memprosesnya lewat keppres. DPR telah setuju pemberian amnesti untuk Baiq Nuril dan memberi pertimbangan kepada Presiden Jokowi.

Persetujuan tersebut diambil dalam sidang paripurna ke-23 masa sidang V Tahun 2018/2019 yang dipimpin Wakil Ketua DPR Utut Adianto. Sebelum pengesahan, Wakil Ketua Komisi III DPR Erma Suryani Ranik menyampaikan laporan kerja komisi hukum soal pertimbangan pemberian amnesti tersebut.

Erma menyatakan Komisi III memperhatikan aspek keadilan dalam memberikan pertimbangan amnesti bagi Nuril. Eks pegawai di SMAN 7 Mataram itu mengaku tidak bisa membalas langsung atas kebaikan yang diterimanya. Namun, ia berjanji mendoakan agar Tuhan membalas semua kebaikan pihak-pihak yang disebutkannya tersebut.

Baca Juga: Foto Profil Brigadir Natan yang ‘Nempel’ Kap Mobil Demi Hentikan Pelanggar

Baiq Nuril pun berharap di masa mendatang tak ada kasus serupa yang dialami dirinya itu menimpa perempuan-perempuan lain. Baiq pun berpesan agar perempuan Indonesia yang telah menjadi korban pelecehan seksual harus berani melawan dan bersuara. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply