Listrik Padam Massal Karena Pohon Sengon, PLN: Hoaks!

0
L CumaBerita.com, Jakarta. Hingga saat ini PT PLN (Persero) sedang investigasi terputusnya jaringan transmisi di Ungaran dan Pemalang. Putusnya jaringan transmisi punya dampak panjang yakni membuat listrik di Jabodetabek, sebagian Jawa Barat dan Jawa Tengah padam.

Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani mengatakan, putusnya jaringan ada banyak kemungkinan, dari masalah layang-layang nyangkut sampai terkena pohon. Namun, dia memastikan putusnya jaringan bukan masalah sabotase. Dia menekankan, putusnya jaringan bersifat teknis. Akibat listrik padam, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendatangi Kantor Pusat PLN pagi ini. Ada beberapa hal yang disampaikan Jokowi ke PLN salah satunya ialah segera memperkuat jaringan. Investigasi masih terus dilakukan PLN untuk mengetahui penyebab pasti padamnya listrik di sebagian Jawa. Sementara itu di twitter ramai dibicarakan penyebabnya karena pohon Sengon yang tumbang. Dibahas di twitter ada pohon Sengon di jalur transmisi Ungaran-Pemalang yang menyebabkan gangguan.

Bahkan ada yang menyebut gangguan akibat pohon itu ada di Gunungpati. Manajer Komunikasi PLN UID Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Haris menanggapi informasi tersebut menegaskan jika hal itu hoaks alias berita bohong.

Putusnya jaringan transmisi punya dampak panjang yakni membuat listrik di Jabodetabek, sebagian Jawa Barat dan Jawa Tengah padam. Gardu Induk (GI) Pemalang yang berada di Jalan Prof DR Ir Sutami, Bojongbata, Pemalang, tidak begitu terganggu dengan adanya gangguan listrik di separoh Jawa yang terjadi sejak kemarin.

Di GI Pemalang, hanya terganggu 3 jam pada Minggu 04 Agustus 2019, dari pukul 11.45 hingga pukul 15.00 wib. Fungsi GI itu meneruskan dari pembangkitnya. Pemalang dapatnya dari Cirebon. Namun, tidak langsung dari Cirebon. Cirebon diteruskan ke Ungaran dan ke GI Pemalang. Dari sini, kita mengkonservasi 150 KV menjadi 20KV ke warga.

Baca Juga: Listrik Padam Massal? Udara Jakarta Membaik, Ini Kata BMKG

Gangguan kemarin sendiri, diakuinya di GI sedikit terganggu. Sini sidak ada gangguan hanya berdampak. Hanya tersendat. Kemarin ikut padam karena tidak dapat suplay dari Cirebon. GI Pemalang sendiri, hanya menerima suplay dari Cirebon melalui Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 500 KV di Ungaran. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply