Warga Bisa Mengadu ke 3 Lembaga, Yang Dirugikan Listrik Padam

0
W CumaBerita.com, Jakarta. Pendirian posko pengaduan mengisi kekosongan peran PLN yang tidak memiliki kanal dalam hal pelayanan publik. Padahal perusahaan pelat merah tersebut sudah sepatutnya diisi dengan divisi terkait penanganan pengaduan.

Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia/ YLKI Sularsih menyebut pihaknya bersama Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA) dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta bakal membuat posko pengaduan konsumen terkait kerugian yang didapat dari listrik padam sejak Minggu 4 Agustus 2019. Jadi, dari YLKI, FAKTA dan LBH Jakarta akan secara bersama membuka posko itu untuk melakukan suatu gugatan, baik itu pribadi atau berkelompok dari konsumen tersebut. Posko pengaduan berbentuk fisik itu akan berada di tiga kantor lembaga tersebut di Jakarta. Kantor YLKI brada di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Sementara itu, kantor Fakta berada di Cipinang Muara, Jakarta Timur. Dan, LBH Jakarta kantornya berada di Jalan Pangeran Diponegoro, Jakarta Pusat. Terkait prosedur pelaporan, Sularsih mengatakan petugas posko akan mendengar dan mencatat kerugian konsumen selama listrik padam terjadi.

Pihaknya, kata Sularsih, akan memfasilitasi konsumen jika ingin membuat gugatan. Di tempat yang sama, Manajer Advokasi Yappika, Hendrik Rosdinar, berharap Ombudsman RI turun tangan memeriksa PLN sehingga terjadi pemadaman listrik di wilayah Banten, Jakarta, Jawa Barat, sampai Jawa Tengah secara serentak pada Minggu siang hingga malam.

Hal itu disampaikan mengacu kepada pelayanan publik terkait hak mendapatkan tenaga listrik secara terus-menerus dengan mutu dan keandalan yang baik serta pelayanan yang baik sebagaimana diatur dalam UU Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan.

PLN tak mampu memainkan manajemen krisis dengan baik yang terlihat dari keterangan pers yang berisi alasan teknis sehingga sulit dimengerti publik. Sementara itu, secara terpisah Anggota Ombudsman Alamsyah Saragih menyatakan pihaknya akan membentuk tim investigasi menindaklanjuti pemadaman listrik.

Baca Juga: Mengenang Sosok Mbah Moen Meninggal Saat Tunaikan Ibadah Haji

Setidaknya ada tujuh kejadian kebakaran yang dilaporkan pascapemadaman listrik di Jakarta dan sekitarnya. Satu dari kejadian yang menimbulkan korban adalah kebakaran diduga terkait pemadaman listrik itu berada di Teluk Gong, Jakarta Utara. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply