Pelanggan PLN Bisa Minta Ganti Rugi 3 Kali Lipat, Listrik Mati!

0
P CumaBerita.com, Jakarta. Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto mengatakan, skema tersebut diperbaiki agar pelanggan mendapat pelayanan yang lebih baik dari PLN. Draft revisi tersebut telah rampung dan minggu depan bakal diundangkan.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan memperbaiki kompensasi yang diberikan PLN ke pelanggan jika listrik padam. Perbaikan ini dituangkan dalam revisi Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 27 Tahun 2017. Memperbaiki kompensasi kepada pelanggan PLN yang listriknya mengalami pemadaman, tujuan agar supaya PLN ke depan lebih baik lagi dalam melayani masyarakat. Draft perbaikan kompensasi, Permen ESDM telah selesai, dan dalam minggu depan bisa diundangkan ke Kememkumham. Secara ringkas, Djoko mengatakan, kompensasi ini sifatnya berjenjang. Penggantian kompensasi bisa 100% bahkan sampai 300%.

Kompensasinya itu minimum 100%, jadi draftnya satu jam sampai sekian jam mati diganti 100%. Ada interval, dari jam sampai jam sekian 200%. Lebih dari jam sekian itu 300% digantinya 3 kali lipat. Pemerintah akan merevisi Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 27 Tahun 2017 yang mengatur kompensasi listrik padam.

Pada aturan yang baru nanti, ada kompensasi yang jauh lebih besar jika listrik pelanggan padam. Jadi ada tiga tahap, minimum mati satu jam dia 100%. Misalnya bayar listrik bulan ini berapa Rp 1 juta ya gantinya Rp 1 juta. Kalau interval mati sekian sampai sekian, Rp 2 juta. Angkanya belum diputuskan, sedang dibahas internal, jadi interval selanjutnya 3 kali lipat. Untuk sementara ini yang baru disepakati ialah 1 jam padam mendapat ganti 100%.

Baca Juga: PNS Bakal Boleh Kerja dari Rumah, Enak Banget!

Untuk interval atau jarak waktu selanjutnya yang terkena kompensasi 200% hingga 300% masih dalam pembahasan. Lanjut Djoko, dengan ketentuan ini maka pelanggan akan mendapat kompensasi yang jauh lebih besar dibanding yang berlaku saat ini. Menurutnya, langkah ini ditempuh agar PLN memberikan pelayanan yang lebih baik.

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply