Ini Daftar Nama Kandidat Menteri Jokowi

0
I CumaBerita.com, Jakarta. Presiden Jokowi telah mengungkap komposisi menteri di periode kedua kepemimpinannya 55-45. Artinya akan ada 55 persen menteri dari kalangan profesional. Selain bicara soal komposisi kabinet dari segi asal usulnya itu, Jokowi juga bicara calon menterinya yang akan diisi kalangan generasi muda.

Menteri muda ini bahkan ada yang berusia di bawah 30 tahun. Nama-nama talenta calon menteri bermunculan dari usulan melalui jalur survei, Presiden Jokowi pun mengapresiasi program ini. Dari survei pembaca dan telaah tim pakar dalam focus group discussion (FGD), kemudian memfinalisasi enam nama calon menteri di setiap kementerian. Kini, kembali dilibatkan lewat polling ‘Bantu Jokowi Cari Menteri’. Polling berlangsung pada 10-30 September 2019. Tiga nama yang paling banyak direkomendasikan oleh Detikers ditambah menteri inkumben akan diserahkan kepada Jokowi sebagai hasil dari ‘Bantu Jokowi Cari Menteri’.

Sekedar bocoran, selain nama incumbent yang akan diusulkan ke Presiden Jokowi, ada enam kandidat kuat calon Menko Polhukam yakni Moeldoko, Hadi Tjahjanto, Tito Karnavian, Mahfud Md, Agum Gumelar, dan Marsetio. Sementara itu untuk kandidat calon Menko Perekonomian non incumbent ada Sri Mulyani, Luhut Binsar Pandjaitan, Airlangga Hartanto, Agus Martowardojo, Chatib Basri sampai Bambang Brodjonegoro.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Autoimun, yang Menyerang Raditya Dika

Untuk Menko Kemaritiman kandidat kuat selain calon incumbent adalah Basuki Hadimuljono, Budi Karya Sumadi, Ignasius Jonan, Susi Pudjiastuti, Marsetio dan Ade Supandi. Nah untuk Menko PMK ada nama Airlangga Hartarto, Prananda Prabowo, Tri Rismaharini, Yenny Wahid, Susi Pudjiastuti sampai Agus Gumiwang Kartasasmita. Nantinya tiga nama kandidat terkuat pilihan detikers plus nama calon incumbent akan diserahkan kepada Presiden Jokowi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply