Universitas Terbuka jadi Pencetak CPNS Terbanyak

0
U CumaBerita.com, Jakarta. Bila sesuai rencana, proses rekrutmen dan seleksi akan dilakukan November dan Desember 2019. Pemerintah akan segera mengumumkan waktu pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 pada akhir Oktober 2019.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan total formasi yang akan dibuka dalam rekrutmen CPNS 2019 sebanyak 197.111 posisi. Bila dirinci, untuk kementerian/lembaga (K/L) sebanyak 37.854 formasi dan daerah sebanyak 159.257 formasi. Jumlah pelamar biasanya akan lebih dari total lowongan yang dibuka. Berkaca pada tahun lalu, Ridwan menyatakan jumlah pelamar mencapai 284.740 orang. Pelamar paling banyak berasal dari lulusan Universitas Terbuka, yakni sebanyak 20.856 orang. Selanjutnya, lulusan dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sebanyak 8.011 dan Universitas Negeri Padang 5.753 orang. Dari segi program studi (prodi), BKN mencatat mayoritas pelamar berasal dari prodi pendidikan guru sekolah dasar (SD) dengan jumlah 44.267 orang.

Lalu, prodi kebidanan menjadi kedua terbanyak, yakni 31.168 orang dan Pendidikan Agama Islam 26.902 orang. Institusi favorit yang menjadi incaran terbanyak pelamar, yakni Kementerian Hukum dan HAM sebanyak 68.860 orang dan Kementerian Agama 34.388 orang. Lembaga lainnya yang juga banyak dilirik pelamar, yaitu Kejaksaan Agung sebanyak 7.924 orang, Kementerian ATR/BPN 6.565 orang, dan Mahkamah Agung 6.005 orang.

Bagi masyarakat yang tertarik menjadi CPNS tahun ini untuk memantau informasi resmi melalui kanal media sosial BKN, situs www.bkn.go.id, dan situs web atau media sosial yang dikelola oleh Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah. Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-45 di Indonesia yang menerapkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh.

Sistem belajar ini terbukti efektif untuk meningkatkan daya jangkau dan pemerataan kesempatan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi semua warga negara Indonesia, termasuk mereka yang tinggal di daerah-daerah terpencil, baik di seluruh nusantara maupun di berbagai belahan dunia. UT telah mendapatkan akreditasi, baik akreditasi nasional maupun internasional.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS 2019, Benar dan Mudah

Secara internasional, UT telah memperoleh Akreditasi Internasional dan Sertifikasi Kualitas dari the International Council for Open and Distance Education (ICDE) Standard Agency (ISA), dan UT telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2000 dari Badan Sertifikasi SAI Global dan SGS. Di samping itu, sebagian besar program studi di UT telah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan TInggi (BAN-PT). (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply