Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan (Menhan) Pulang Usai Pelantikan

0
P CumaBerita.com, Jakarta. Presiden Joko Widodo telah melantik Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan. Selain Prabowo, Presiden Jokowi juga melantik Wakil Ketua Umum Partai Gerindra sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Proses pelantikan digelar di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 23 Oktober 2019. Setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima sejumlah masukan terkait permasalahan di sektor pertahanan. Seluruh masukan itu nantinya akan menjadi bahan dalam Rapat Kabinet. Sekjen Kementerian Pertahanan Laksdya TNI Agus Setiadji bertemu Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan. Adapun, menurut jadwal yang diterima Agus, Rapat Kabinet akan dilaksanakan pada Kamis 24 Oktober 2019 pukul 10.00 WIB. Ada beberapa hal yang dibahas bersama Prabowo, mulai dari anggaran hingga alat utama sistem persenjataan (alutsista). Namun, Agus enggan merinci hal apa saja yang akan menjadi Fokus Prabowo sebagai Menteri Pertahanan secara spesifik.

“Jadi yang dibahas itu masalah tugas dan tanggung jawab Menteri Pertahanan, kemudian tugas-tugas lain termasuk memperkuat pertahanan dan permasalahan alutsista juga,” kata Agus. Sementara, Kementerian Pertahanan akan menggelar prosesi serah terima jabatan (sertijab) menteri dari Ryamizard Ryacudu kepada Prabowo Subianto pada Kamis setelah Rapat Kabinet.

Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto tak langsung melaksanakan serah-terima jabatan (sertijab) setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Prabowo disebut belum ke Kemhan karena kurang tidur. “Belum (ke Kemhan), karena Pak Menteri hari ini ada acara lagi. Beliau kurang tidur, istirahat dulu baru besok pagi acara (serah-terima jabatan Menhan),” kata Sekjen Kemhan Laksamana Madya TNI Agus Setiadji.

Hal itu disampaikan Agus setelah bertemu dengan Prabowo. Dalam pertemuan itu, dia menjelaskan persiapan untuk sertijab yang berlangsung pada esok hari. Agus mengatakan banyak yang dibahas selama pertemuan itu. Selain soal tugas dan tanggung jawab Menhan, mereka membicarakan strategi dalam memperkuat pertahanan Indonesia.

Baca Juga: Daftar Menteri Kabinet Indonesia Maju Jokowi

Sebelumnya diberitakan, Prabowo pagi tadi dilantik menjadi Menteri Pertahanan bersama dengan wajah baru ataupun lama di Kabinet Indonesia Maju. Selain Prabowo, yang merupakan Ketum Gerindra, ada Waketum Gerindra Edhy Prabowo yang dilantik menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply