PSBB Covid-19 Jakarta Berlaku Mulai Hari Ini

0
P CumaBerita.com, Jakarta. Pemprov Jakarta telah melengkapi sejumlah syarat administrasi dan rencana aksi yang akan dilakukan jika menerapkan PSBB. Persetujuan PSBB sebelumnya sempat tertunda karena pemprov Jakarta masih diminta melengkapi sejumlah syarat. Nantinya, pelaksanaan PSBB akan langsung berlaku usai disetujui oleh Terawan.

Sesuai ketentuan dalam Peraturan Menteri Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman PSBB, Menkes memberi persetujuan dan pelaksanaan dilakukan oleh daerah. Pengusaha khawatir penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta yang sudah disetujui Kementerian Kesehatan demi menekan penyebaran wabah virus corona akan mengakibatkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) besar-besaran. Masyarakat kecil yang akan paling terdampak akan kebijakan tersebut mengingat 70 persen perekonomian Indonesia berpusat di Jakarta. Penerapan PSBB akan mengharuskan para perusahaan untuk menutup usahanya yang berimbas pada hilangnya pendapatan masyarakat. Akan banyak masyarakat kehilangan pekerjaan dan penghasilan karena perusahaan banyak yang tutup atau bangkrut dalam waktu dekat. Namun pilihan tersebut tak terelakkan sebab lesunya perekonomian telah menerjang berbagai usaha sejak awal Maret. PSBB akan menjadi puncak dari seretnya perekonomian dalam negeri dengan drastisnya penurunan permintaan.

Dengan PSBB maka semua bisnis akan terhenti dengan sendiri. Jumlah karyawan yang dirumahkan akan membengkak dengan penerapan kebijakan PSBB. Pasalnya, rantai keberlanjutan usaha dengan hubungan karyawan tak dapat dipisahkan. Yang dapat dilakukan pengusaha saat ini ialah mengoptimalisasi kebijakan pemerintah. Terkait stok makanan hingga saat ini stok di masyarakat masih aman dan selama logistik tidak terganggu maka penyaluran stok ke masyarakat tak akan terkendala.

Kerugian para pengusaha tak tanggung-tanggung besarnya mengingat covid-19 menyerang hampir seluruh sektor perekonomian. Hingg 4 April 2020, setidaknya ada 130 ribu pekerja di sektor formal, informal, dan buruh yang di PHK maupun dirumahkan. Dengan terhentinya pemasukan masyarakat hingga waktu yang belum ditentukan, diharapkan pemerintah untuk menjamin harga sembako terjangkau untuk seluruh lapisan masyarakat. Jika tidak, akibatnya bisa fatal.

Baca Juga: Undian Berhadiah Paling Menarik Tahun 2020

Penerapan PSBB dapat dilaksanakan dengan tertib agar mobilitas masyarakat dapat ditekan dan roda perekonomian dapat segera berjalan normal. Logistik akan menjadi kunci keberhasilan PSBB sehingga kebijakan pemerintah yang tak menghentikan aktivitas pengiriman logistik lewat ojek. Usaha pemerintah dalam menekan lalu lintas manusia akan efektif jika kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi secara logistik. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply