Seleksi Peserta Kartu Prakerja Fase I Diumumkan Jumat Besok

0
S CumaBerita.com, Jakarta. Pemerintah tidak membatasi jumlah pendaftar. Meski tak membatasi, ternyata masih ada pendaftar program yang kesulitan mengakses situs Kartu Prakerja. Pendaftaran gelombang I program kartu prakerja ditutup hari ini, Kamis 16 April 2020.

Sebelumnya, program itu menjadi salah satu solusi bagi para korban PHK dan pengangguran akibat pandemi wabah virus corona ala Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pengumuman peserta lolos seleksi gelombang I yang berjumlah 164 ribu orang tersebut akan diumumkan lewat situs website kartu prakerja (prakerja.go.id) pada Jumat 17 April 2020. Pendaftaran tak akan ditutup dan para pendaftar masih bisa menyerahkan aplikasinya tanpa batasan waktu. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencanangkan program Kartu Prakerja sejak era kampanye Pilpres 2019, atau jauh sebelum pandemi virus corona atau Covid-19 mewabah di Indonesia. Mulanya, program ini bertujuan untuk menambah keterampilan calon pekerja, pekerja korban PHK, dan yang ingin alih kerja dengan kuota 2 juta orang.

Gagasannya, mereka yang ingin menjadi peserta diberi keterampilan dengan pelatihan secara tatap muka dengan biaya yang ditanggung negara. Bahkan, peserta akan diberi ‘ongkos’ selama periode pelatihan. Siapa yang mau menambah keahlian, tinggal daftar lalu ikut pelatihan yang dibiayai negara dan dapat uang dari negara. Namun, pandemi corona yang menyerang sejak Maret lalu justru memunculkan gelombang PHK.

Pemerintah pun ingin agar program ini tetap bisa jalan, bahkan menjadi salah satu jaring pengaman nasional untuk para korban PHK. Format dan perhitungan anggaran program pun diubah. Anggaran biaya pelatihan sebesar Rp3 juta-Rp7 juta per peserta akhirnya sebagian dialihkan ke insentif.

Hanya tersisa Rp1 juta untuk biaya pelatihan tiap peserta.Seme ntara insentif peserta dilipat gandakan dari Rp500 ribu menjadi Rp2,55 juta per peserta. Maka secara total, masing-masing akan mendapat pagu Rp3,55 juta. Kendati memangkas anggaran biaya pelatihan, namun total dana yang diberikan sejatinya meningkat dua kali lipat, dari Rp10 triliun menjadi Rp20 triliun.

Baca Juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang I Ditutup Hari Ini

Mekanisme pun harus diubah dari semula pelatihan fisik (offline) menjadi dalam jaringan (online) melalui paket-paket pembelajaran. Paket tersebut diunggah di situs resmi mitra kerja pemerintah, yaitu Skill Academy oleh Ruangguru, perusahaan rintisan (start up) di bidang pendidikan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply