Larangan Mudik, Semua Jalan Arteri Ditutup Mulai 24 April 2020

0
L CumaBerita.com, Jakarta. Pemerintah secara resmi melarang mudik mulai Jumat, 24 April 2020. Nantinya, sejumlah jalan untuk orang keluar-masuk dari dan ke wilayah Jabodetabek akan ditutup. Sedangkan penetuan lokasinya masih dibahas. Semua jalan arteri atau jalan-jalan lain yang non tol itu (ditutup). Saat ini sedang pematangan lokasi.

Sedangkan untuk jalan tol, tidak akan ditutup melainkan hanya dibatasi. Hal itu untuk lalu lintas kendaraan logistik yang masih tetap beroperasi. Banyak beredar di media ada penutupan tol. Tidak ada penutupan jalan tol karena logistik tetap jalan. Jadi yang ada hanyalah penyekatan yang tidak ada hubungannya dengan logistik harus balik kanan karena arahannya saat ini adalah masih persuasif. Saat ini pemerintah sedang mempersiapkan sanksi yang pas bagi pelanggar. Jika mulai 7 Mei masih ada masyarakat yang keluar dari wilayah PSBB, maka akan dijatuhkan sanksi yang tegas termasuk untuk pemudik sepeda motor. Pemerintah melarang mudik warga untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona (COVID-19). Larangan mudik ini berlaku bagi kendaraan penumpang, termasuk motor. Ini hanya berlaku bagi angkutan penumpang baik pribadi maupun umum, termasuk sepeda motor. Kendaraan yang mengangkut barang atau logistik sembako diperbolehkan melintas keluar dan masuk Jadetabek.

Namun, apabila ada truk yang turut mengangkut penumpang tidak akan diizinkan. Jadi pelarangan mudik tidak berlaku bagi angkutan barang logistik terutama sembako, truk pengangkut barang sebako kebutuhan sehari-hari itu boleh lewat, mereka masih boleh beroperasi. Yang kamuflase dan sebagainya nanti dilihat ke lapangan, jelas-jelas saja truk barang boleh lurus, kalau bawa penumpang diminta untuk putar balikkan. Hingga kini pihak kepolisian masih menunggu pemerintah terkait sanksi bagi yang melanggar larangan mudik.

Baca Juga: Sidang Isbat Online Digelar Kemenag Besok Tentukan Awal Ramadhan

Namun untuk saat ini, kendaraan berpenumpang yang keluar dari wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya akan diberi teguran dan diputarbalikan. Presiden Jokowi menyatakan bahwa mudik lebaran pada hari raya Idul Fitri 1441 H dilarang bagi semua warga. Sebelumnya, Jokowi hanya melarang mudik untuk aparatur sipil negara (ASN), pegawai BUMN, dan TNI-Polri. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply