Foto Penampakan Erupsi Gunung Rinjani Meletus di Lombok Bandara Ngurah Rai Ditutup

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Letusan Gunung Rinjani terjadi pada hari Selasa 3 November 2015 terjadi beberapa kali sejak pagi hari. Tinggi letusan mencapai sekitar 3.500 meter dpal atau sekitar 1.000 meter atas Kawah Barujari. Abunya sangat halus dan terbawa angin ke arah barat. Gunung Rinjani mencakup wilayah Kabupaten Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Tujuh desa di Kabupaten Lombok Utara menderita hujan abu.

Karenanya BPBD Provinsi NTB membagikan 4.000 masker kepada warga setempat. Berdasarkan citra Satelit Terra, sebaran abu vulkanik menutupi Selat Lombok, sebagian wilayah Bali, Selat Bali hingga Banyuwangi. Hujan abu tipis melanda pula daerah-daerah itu. Gunung Rinjani sudah dalam status Waspada level II, sejak 25 Oktober 2015.

Letusan lanjutan masih mungkin terjadi, mengingat terjadinya sejumlah gempa tremor yang berlangsung 5-10 detik. Karenanya masyarakat di sekitar Gunung Rinjani, juga pengunjung atau wisatawan tidak boleh melakukan kegiatan apalagi berkemah di dalam Kaldera Gunung Rinjani dan di dalam radius 3km dari kawah Gunung Barujari yang berada di dalam Kaldera Gunung Rinjani.

Baca Juga: Foto Bella Saphira Instagram Dampingi Mayjen Agus Surya Bakti Jadi Pangdam

Penerbangan dari Australia ke dan dari Bali kembali ditutup di hari kedua sesudah letusan Gunung Rinjani yang juga mengakibatkan hujan abu di tujuh desa, dan penutupan sementara bandara Denpasar dan Lombok. Di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali para penumpang terlantar karena penundaan atau pembatalan penerbangan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply