Info BMKG BNPB Gempa di Jakarta – Pandeglang 5,2 Skala Ritcher

0
I CumaBerita.com, Jakarta. Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta termasuk wilayah yang rawan gempa, demikian juga dengan Banten yang letaknya berdekatan dengan Jakarta. Gempa berkekuatan 5,2 Skala Richter pada kedalaman 10 kilometer terjadi di Jakarta.

Posisinya di 88 kilometer barat daya Pandeglang, Banten. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi pada Rabu 4 November 2015 pukul 13.14 WIB. Lokasinya 6.80 Lintang Selatan-105.01 Bujur Timur. BMKG menyatakan gempa ini tak berpotensi menimbulkan tsunami. Seorang karyawan swasta di bilangan Senayan mengaku merasakan getaran gempa itu saat berada di gedung lantai 14.

Sebelumnya gempa menggetarkan bumi Nusa Tenggara Timur (NTT). Lindu berkekuatan 6,2 Skala Richter terjadi di 28 kilometer timur laut Alor, NTT, dengan kedalaman 89 km. Gempa terjadi pada pukul 10.44 WIB. Getaran terasa kuat selama 8-11 detik di Kabupaten Alor. Saat itu sebagian masyarakat yang panik berhamburan keluar.

Baca Juga: Foto Penampakan Erupsi Gunung Rinjani Meletus di Lombok Bandara Ngurah Rai Ditutup

Sementara gempa terasa lemah dirasakan warga di Kabupaten Timur Tengah Utara selama 6-8 detik. Getaran gempa bermagnitudo 5,2 yang terjadi di Pandeglang, Banten terasa hingga ke Jakarta. Pusat gempa berada di barat Ujung Kulon, di dalam lempeng Eurasia. Gempa tidak berpotensi tsunami. Sejarah gempa yang pernah terjadi di wilayah Banten yaitu 6,6 SR pada 16 Desember 1963 dan 6,5 SR pada 21 Desember 1999. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply