Cara Mudah Cek NISN Secara Online

0
C CumaBerita.com, Jakarta. biasanya digunakan untuk menunjang program perencanaan pendidikan seperti pendaftaran ke jenjang pendidikan siswa berikutnya, Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah kode pengenal identitas siswa.

NISN dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya dan berlaku sepanjang masa. Cara mengeceknya juga tidak sulit. Pertama, akses situs https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn. Kedua, masukkan nomor NISN dan nama ibu kandung bila sudah memiliki nomor tersebut. Ketiga, masukkan kode captcha. Lalu klik cari data. Dari situ, akan muncul NISN aktif siswa. Cara mengecek NISN siswa lainnya, pertama, akses situs https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/index.php/Cindex/formcaribynama. Kedua, masukkan nama, tempat lahir, tanggal lahir, dan nama ibu. Lalu masukkan kode captcha dan klik cari data. Dari situ akan muncul NISN aktif siswa. Namun bagaimana kalau belum memiliki NISN siswa? Biasanya, siswa yang duduk di bangku sekolah dasar (SD) akan mendapatkan NISN dari sekolah masing-masing. Bagian operator sekolah akan mengajukan NISN untuk siswa di sekolah. Tahun ajaran baru berdasarkan kalender akademik 2020 akan dimulai pada Juli 2020.

Namun Kemdikbud belum memastikan waktu anak-anak akan sekolah kembali karena adanya pandemi corona. NISN terdiri dari 10 angka yaitu 3 angka di awal yaitu tanggal lahir semisal contoh kamu lahir pada tahun 2000 maka 3 angka awal di NISN kamu adalah 000. Setelah itu 7 angka di akhir itu adalah angka unik yang di berikan oleh pemerintah yang dilakukan secara otomatis menggunakan mesin komputer yang tersedia di layanan pusat NISN. Tujuan & Manfaat NISN.

Mengidentifikasi setiap individu siswa ( peserta didik ) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan bekesinambungan. Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit-unit kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.

Baca Juga: Awas! Bahaya Paparan Sinar Biru Layar Gadget bagi Kesehatan Kulit

Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti : Bantuan Opersional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply