Video Ledakan Dasyat Di Beirut Libanon

0
V CumaBerita.com, Jakarta. Penyelidikan lebih lanjut masih terus dilakukan dan komisi investigasi diminta menyampaikan laporannya dalam 48 jam ke depan. Hasil penyelidikan sementara menyatakan ledakan di Beirut, Libanon merupakan bencana kecelakaan.

Perdana Menteri Libanon mengatakan ledakan terjadi di tempat penyimpanan amonium nitrat. Diperkirakan ada 2.750 ton amonium nitrat di dalam gudang itu, hasil sitaan selama enam tahun belakangan. Dari video yang beredar kemungkinan ada bahan lain yang menyebabkan ledakan. Sebab, tanda ledakan amonium nitrat adalah asap berwarna kuning, sementara dalam video tidak ada asap berwarna kuning. Setidaknya 78 orang dinyatakan meninggal dalam insiden tersebut. Sedangkan korban luka mencapai angka 4.000 orang. Perdana Menteri Lebanon Hassan Diab mengatakan ledakan tersebut berasal dari gudang yang menyimpan 2.750 ton amonium nitrat yang berdaya ledak tinggi. Bahan kimia itu disimpan di gudang selama enam tahun terakhir. Awalnya kebakaran dikira terjadi karena sebuah gedung dekat pelabuhan yang banyak menyimpan petasan. Kebakaran yang disebabkan dari ledakan tersebut termasuk dahsyat, hingga merusak bangunan berjarak 10 kilometer dari sumber ledakan.

Kaca dan puing-puing berserakan di sepanjang jalan di Beirut. Seorang saksi mengatakan pelabuhan kota benar-benar hancur karena ledakan tersebut. Ledakan ini pun sempat terekam dalam rekaman video oleh beberapa penduduk. Getaran akibat ledakan menyerupai gempa bumi. Tanah yang dipijak bergetar saat ledakan terjadi. Di luar gedung kantornya, orang-orang terlihat berlarian dan berteriak.

Baca Juga: Video Djoko Tjandra, Buron Kelas Kakap Ditangkap di Malaysia

Kaca-kaca jendela pecah, dan peralatan studio berhamburan. Pemerintah setempat langsung mengupayakan sejumlah bangsal darurat yang kini dibanjiri korban luka. Setidaknya 400 korban luka dilarikan ke rumah sakit utama di Beirut, Hotel Dieu. Palang Merah Lebanon meminta sumbangan darah dari publik melalui akun Twitter. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply