Bagaimana Nasib Pegawai Swasta yang Tak Dapat Bantuan Rp 600 Ribu

0
B CumaBerita.com, Jakarta. Tidak semua pegawai swasta yang bergaji di bawah Rp 5 juta bisa dapat bantuan tersebut. Pemerintah membatasinya hanya 13-15 juta pekerja yang terdaftar BPJS Ketenagakerjaan. Pegawai swasta yang memiliki gaji di bawah Rp 5 juta akan mendapat bantuan Rp 600 ribu selama empat bulan atau total Rp 2,4 juta. Bantuan ini diberikan sebesar Rp 1,2 juta dalam sekali pencairan mulai September.

Bagaimana nasib pegawai yang tidak mendapat bantuan tersebut?

1. Ditampung di Kartu Pra Kerja
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan masyarakat yang bergaji di bawah Rp 5 juta namun tidak terdaftar BPJS Ketenagakerjaan akan ditampung di program Kartu Pra Kerja. Jumlah insentif yang diberikan antara program itu dengan Kartu Pra Kerja dinilai sama yakni Rp 2,4 juta. Untuk diketahui, peserta Kartu Pra Kerja juga mendapat insentif Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan. Bahkan peserta Kartu Pra Kerja bisa mendapat insentif tambahan Rp 150.000 dari mengisi survei.

2. Tercover di Bansos Lain
Sri Mulyani berharap pegawai yang tidak terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan sudah masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dikelola oleh Kementerian Sosial (Kemensos). Sehingga pegawai bergaji di bawah Rp 5 juta yang tidak masuk bantuan ini bisa dapat dari program perlindungan sosial yang lebih dulu digulirkan pemerintah.

Baca Juga: Ini Makna Desain di Spanduk HUT RI, Diviralkan Mirip Salib

3. Segera Daftar BPJS Ketenagakerjaan
Seluruh pekerja informal dan dunia usaha diharapkan bisa mendaftarkan dirinya maupun para tenaga kerjanya kepada BPJS Ketenagakerjaan sesuai amanat UU yang berlaku. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply