Ini Keutamaan Puasa Asyura 10 Muharram pada 29 Agustus

0
I CumaBerita.com, Jakarta. Puasa Asyura adalah puasa sunah yang dianjurkan untuk dilakukan karena memiliki banyak keutamaan. Puasa Asyura sudah ada sebelum puasa Ramadan diwajibkan. Puasa Asyura merupakan puasa sunah yang dilakukan setiap 10 Muharram bertepatan dengan Sabtu, 29 Agustus 2020. Allah SWT menjanjikan sejumlah keutamaan puasa Asyura bagi setiap Muslim yang mengamalkannya.

Berdasarkan kisah Aisyah, istri Rasulullah, Nabi Muhammad berpuasa di hari Asyura sebelum hijrah ke Madinah. Saat hijrah, Nabi mengetahui bahwa umat Nabi Musa AS berpuasa di hari Asyura sebagi bentuk rasa syukur karena Allah SWT menyelamatkan Bani Israil dari kejaran Firaun. Dalam keterangan Ibnu Abbas, pertemuan itu membuat Nabi Muhammad memerintahkan umat Islam berpuasa di hari Asyura. Pada tahun kedua setelah hijrah, Nabi Muhammad menerima perintah puasa Ramadan. Setelah itu, puasa Asyura pun disunahkan.

Berikut sejumlah keutamaan puasa Asyura 10 Muharram.

1. Menghapus dosa setahun yang lalu
Puasa Asyura disebut dapat menghapus dosa setahun yang lalu. “Nabi SAW ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah. Beliau menjawab, puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa Asyura. Beliau menjawab, puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu,” bunyi HR Muslim.

2. Puasa yang utama
Puasa Asyura dan puasa yang dilakukan di bulan Muharram bernilai puasa yang utama di sisi Allah SWT. “Seutama-utama salat setelah salat wajib adalah salat pada sepertiga akhir malam, dan seutama-utama puasa setelah puasa Ramadan adalah puasa di bulan Muharam,” hadis riwayat Muslim.

4. Menjalani sunah rasul
Mengamalkan puasa Asyura juga sama dengan menjalani sunah rasul dan meneladani perilaku Nabi Muhammad SAW. Rasulullah sudah menjalani puasa Asyura sebelum puasa Ramadan diwajibkan. Menjalani sunah rasul dapat mendekatkan diri kepada Rasulullah dan juga dicintai oleh Allah SWT.

5. Mendekatkan diri pada Allah
Puasa merupakan amalan yang sangat dicintai oleh Allah SWT. Allah melimpahkan kasih sayangnya untuk orang yang gemar berpuasa. Di akhirat nanti, Allah menyediakan pintu khusus untuk orang yang senang berpuasa dan menempatkannya di tempat terbaik di surga.

Baca Juga: Pahami Lebih Dalam Tentang Pajak PPN Berikut

Tata cara menjalani puasa Asyura sama seperti puasa pada umumnya yakni diawali dengan niat dan menahan hawa nafsu dari segala sesuatu yang membatalkan puasa dimulai dari terbit fajar di waktu subuh hingga tenggelamnya matahari di waktu Magrib. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply