Penyebab Corona Terus Bermutasi, Mutasi 10 Kali Lebih Menular Ada di Jakarta

0
P CumaBerita.com, Jakarta. Ada beberapa alasan atau penyebab virus Corona terus bermutasi. Disebutkan, virus Corona termasuk RNA, bereplikasi atau memperbanyak diri secara acak. Hingga Senin 31 Agustus 2020, Satgas COVID-19 mencatat ada 41.420 kasus aktif atau 23,7 persen dari kasus kumulatif.

Angka ini lebih rendah dibanding kasus aktif di seluruh dunia yakni 26,9 persen. Sementara itu jumlah pasien sembuh tercatat 125.959 kasus atau 72,1 persen, lebih tinggi dibanding kasus sembuh secara global yakni 69,73 persen. Kasus meninggal tercatat sebanyak 7.417 atau 4,2 persen, lebih tinggi dibanding angka global yakni 3,34 persen. Mutasi virus Corona D614G yang disebut-sebut menular 10 kali lipat ditemukan di beberapa kota termasuk DKI Jakarta. Sebenarnya apa yang membuat virus Corona terus bermutasi? DKI Jakarta menjadi provinsi dengan penambahan kasus paling tinggi sebanyak 1.049 kasus, disusul Jawa Timur sebanyak 323 kasus baru per 31 Agustus 2020. Dikutip dari laman covid19.go.id, ada sebanyak 125.959 kasus sembuh hingga hari ini, sementara kasus kematian Corona totalnya mencapai 7.417 orang. Virus corona itu memang virus RNA. Jadi mereka ketika bereplikasi secara acak, memang terus bermutasi untuk memperbaiki diri.

Baca Juga: Walt Disney Rilis Gambar Perdana Film Animasi dari Mitos Indonesia

Dan juga untuk menyesuaikan dengan lingkungan. Virus Corona COVID-19 disebutkan memiliki 7 clade. Tujuh di antaranya adalah S, V, L, G, GH, GR dan O. Jenis virus Corona yang telah di-sequence Eijkman sebelumnya masuk didominasi clade L. Di Indonesia sebagian besar saat ini dari 22 yang disubmit, sebagian besar ada 10 itu masuk clade L. Ada beberapa yang belakangan ini sebagian masuk di kelompok Gh, atau Gr. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply