Mahfud Md: Indonesia Bulan Depan 99,9% Resesi, Ini Daftar Dampaknya

0
M CumaBerita.com, Jakarta. Resesi adalah turunnya kondisi perekonomian nasional. Hal itu tampak dari pertumbuhan ekonomi yang minus dua kuartal berturut-turut. Dengan kondisi Indonesia terkini maka tampak penurunan ekonomi yang signifikan imbas pandemi Corona. Menkopolhukam Mahfud Md mengatakan Indonesia hampir dipastikan masuk resesi bulan depan.

Meski demikian, ia meminta masyarakat tak perlu khawatir karena resesi bukanlah krisis ekonomi. Resesi sudah ada di depan mata. Mahfud Md bahkan menyebut, pada bulan depan Indonesia 99,9% resesi atau hampir pasti resesi. Dampak resesi sebenarnya telah banyak diulas oleh sejumlah ekonom belakangan ini. Hal ini menyusul banyaknya negara yang masuk jurang resesi. Dampak resesi adalah maraknya pemutusan hubungan kerja (PHK). Kemudian, pekerja yang memiliki kontrak jangka pendek kemungkinan tidak diperpanjang. Tentu saja perusahaan-perusahaan yang punya kontrak jangka pendek atau kontraknya terbatas misalnya, tidak akan dilanjutkan untuk perpanjangan kontrak. Kemungkinan itu terutama bagi industri-industri yang terpengaruh sampai akhir tahun bahkan sampai tahun depan seperti industri penerbangan dan sebagainya. PHK banyak terjadi saat resesi karena permintaan atau konsumsi dari masyarakat akan menurun.

Para pengusaha pun terpaksa harus melakukan efisiensi terhadap karyawannya. Masyarakat bawah daya belinya turun, masyarakat atas punya uang tapi dia berhati-hati dalam spending sehingga pelaku usaha itu kan bergantung kepada pembelian konsumen. Kalau yang beli sepi maka pelaku usaha, produsen-produsen, pabrik-pabrik yang jualan pasti akan turun dari sisi penjualan, kalau turun terpaksa melakukan efisiensi salah satunya PHK karyawan.

Baca Juga: Penyebab Corona Terus Bermutasi, Mutasi 10 Kali Lebih Menular Ada di Jakarta

Saat banyak PHK terjadi, otomatis pengangguran di Indonesia akan semakin meningkat dan begitu juga dengan jumlah masyarakat miskin akan semakin bertambah. Kalau banyak karyawan di PHK berarti pengangguran meningkat, kalau meningkat daya beli masyarakat turun dan kemiskinan bisa meningkat dan itu yang dirasakan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply