Video Banjir Bandang Terjang Puncak Bogor, 900 Warga Mengungsi

0
V CumaBerita.com, Jakarta. Banjir bandang terjadi di Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor pada Selasa 19 Januari 2021 disebabkan karena hujan dengan intensitas tinggi. Sebanyak 900 jiwa terdampak banjir bandang di Kabupaten Bogor.

Banjir bandang tersebut disebabkan oleh hujan dengan intensitas tinggi yang disertai longsoran dari gunung. Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, warga yang terdampak sementara diungsikan ke beberapa tempat. Kondisi di lokasi banjir masih belum kondusif, sebab banjir susulan masih terjadi pada pukul 12.05 WIB. BPBD Kabupaten Bogor melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan lembaga juga instansi terkait untuk melakukan assesment, evakuasi, dan penanganan banjir bandang tersebut. Dihimbau warga Bogor dan sekitarnya untuk tetap waspada dan siaga terhadap potensi bencana yang akan terjadi. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat dalam tiga hari ke depan, wilayah Kota Bogor dan sekitarnya berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat. Bupati Bogor Ade Yasin memastikan tidak ada korban jiwa akibat peristiwa itu. Banjir yang melewati perkebunan teh PTPN VIII itu merusak puluhan rumah warga dan menutup beberapa akses jalan. Ratusan korban banjir bandang itu kini mengungsi di masjid yang lokasinya tak terdampak banjir.

Baca Juga: Aturan Baru Whatsapp, Paksa Pengguna Bagi Data ke Facebook

Banjir bandang tersebut menyebabkan puluhan rumah warga rusak, bahkan beberapa akses jalan di wilayah tersebut tak dapat dilalui kendaraan. Namun demikian, hingga kini belum dapat dipastikan mengenai korban jiwa atau korban hanyut terbawa aliran sungai yang meluap, karena masih dalam proses penanganan. Tim BPBD terdiri dari tim evakuasi dan perlengkapan, tim tenda shelter logistik, serta tim P3K dengan ambulans untuk menjemput apabila ada pengungsi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply