Gempa 6,7 Malang Terasa Hingga ke Seluruh Pos Gunung Merapi

0
G CumaBerita.com, Jakarta. Warganet dikejutkan dengan gempa bumi yang terjadi di Malang, Jawa Timur. Guncangan tersebut terasa ke kota-kota lainnya. Salah satu kota yang ikut merasakan guncangan tersebut adalah Surabaya, Jawa Timur. Tak hanya itu, gempa juga terasa di Kabupaten Blitar selama sekitar 30 detik.

Masyarakat pun panik hingga berhamburan keluar rumah serta gedung. Warganet juga mengunggah video dampak dampak gempa tersebut. Warganet memperlihatkan gedung Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Turen, Kabupaten Malang yang asbesnya runtuh. Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,7 yang mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur, dilaporkan terasa hingga ke wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Gempa yang terjadi pada pukul 14.00 WIB, Sabtu 10 April 2021 turut terasa getarannya sampai ke seluruh pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM). Terasa di semua pos pengamatan dan terekam di seluruh stasiun Merapi. Kelima pos termaksud antara lain, PGM Kaliurang di Sleman; PGM Babadan dan Ngepos di Magelang; PGM Jrakah dan Selo di Boyolali. Hingga saat, ini tidak terlihat adanya pengaruh gempa tersebut terhadap aktivitas vulkanik Merapi. Berdasarkan catatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 25 kilometer.

Sementara lokasi gempa berada 90 kilometer dari Kabupaten Malang. Selain beberapa kabupaten di DIY dan Jawa Tengah, getaran gempa juga dilaporkan terasa di Kota Surabaya, Jawa Timur. Tepatnya Surabaya Selatan dan Surabaya Barat. Sebelumnya, BadanMeteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan gempa bermagnitudo 6,7 di Barat Daya Malang, Jawa Timur.

Baca Juga: Awas! Ini Sanksi Pemudik yang Nekat Mudik Naik Mobil

Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault). Sejauh ini, BMKG memastikan belum ada aktivitas yang menunjukkan akan terjadi gempa bumi susulan (aftershock). Pantauan ini berdasarkan kondisi per pukul 14.25 WIB. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply