Video Isi Teks Pidato Bung Tomo Hari Pahlawan 10 November di Surabaya

0
V CumaBerita.com, Jakarta. Sutomo lahir di Surabaya, Jawa Timur, 3 Oktober 1920 dan meninggal di Padang Arafah, Arab Saudi, 7 Oktober 1981 pada umur 61 tahun. Sutomo lebih dikenal dengan sapaan akrab oleh rakyat sebagai Bung Tomo. Bung Tomo adalah pahlawan yang terkenal karena peranannya dalam membangkitkan semangat rakyat untuk melawan kembalinya penjajah Belanda.

Melalui tentara NICA yang berakhir dengan pertempuran 10 November 1945 yang hingga kini diperingati sebagai Hari Pahlawan. Bung Tomo pernah menjadi seorang jurnalis yang sukses. Kemudian Bung Tomo bergabung dengan sejumlah kelompok politik dan sosial. Ketika Bung Tomo terpilih pada 1944 untuk menjadi anggota Gerakan Rakyat Baru yang disponsori Jepang, hampir tak seorangpun yang mengenal dia.

Namun semua ini mempersiapkan Sutomo untuk peranannya yang sangat penting. Ketika pada Oktober dan November 1945, Bung Tomo menjadi salah satu pemimpin yang menggerakkan dan membangkitkan semangat rakyat Surabaya. Yang pada waktu itu Surabaya diserang habis-habisan oleh pasukan Inggris yang mendarat untuk melucutkan senjata tentara pendudukan Jepang dan membebaskan tawanan Eropa.

Baca Juga: Foto Profil Biodata Chant Felicia Instagram Adik Baby Margaretha

Bung Tomo terutama sekali dikenang karena seruan pembukaannya di dalam siaran radionya yang penuh dengan emosi. Meskipun Indonesia kalah dalam Pertempuran 10 November, kejadian ini tetap dicatat sebagai salah satu peristiwa terpenting dalam sejarah Kemerdekaan Indonesia. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply