Info BMKG Pusat Gempa Jogja Bantul 5,6 SR Hari Ini 11 November 2015

0
I CumaBerita.com, Jakarta. Gempa kembali mengguncang Daerah Istimewa Yogyakarta. Gempa tersebut terjadi sekitar dua kali dan membuat sebagian masyarakat berhamburan keluar rumah. Meski gempa dirasakan cukup kuat hal itu tak mempengaruhi aktivitas Gunung Merapi. Masyarakat tak perlu cemas karena Gunung Merapi masih berstatus normal. Gempa dengan daya cukup kuat sempat membuat warga Yogyakarta berhamburan.

Berdasarkan catatan BMKG, gempa tersebut berkekuatan 5,6 skala Richter. Adapun pusat gempa terletak di 120 kilometer barat daya Laut Bantul dengan kedalaman 93 kilometer. Gempa Yogyakarta yang terjadi sekitar pukul 18.45 WIB, Rabu, 11 November 2015 juga terasa hingga ke Brebes, Jawa Tengah, dan Garut, Jawa Barat.

Warga Desa Sitanggal, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes mengaku merasakan getaran sekitar setengah menit pada pukul 18.45 WIB. Sementara itu, warga di Garut juga merasakan getaran gempa 5,6 skala Richter itu. Sejumlah warga pesisir pantai selatan Garut berhamburan keluar rumah. Mereka panik takut terjadi tsunami.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Siaran Langsung Piala Jenderal Sudirman Cup 2015 Live di NET TV

Gempa dinilai tak berpotensi tsunami. Berdasarkan data yang diperoleh Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap, gempa terjadi pada pukul 18.45 WIB berkekuatan 5,6 Skala Richter. Gempa tersebut berlokasi di 8,97 lintang selatan dan 110,19 bujur timur atau 120 kilometer barat daya Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan kedalaman 93 kilometer. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply