Sosok Rumini Wanita yang Bersama Ibunya Meninggal Berpelukan Saat Erupsi Gunung Semeru

0
S CumaBerita.com, Jakarta. Saat proses evakuasi, tim relawan menemukan jenazah ibu dan anak ini di dapur. Keduanya tertimbun pasir vulkanik setebal kurang lebih 2 meter. Erupsi Gunung Semeru pada Sabtu 4 Desember 2021 meninggalkan sejumlah cerita dan kisah haru mendalam. Salah satunya, kisah Rumini (28) yang ditemukan meninggal dunia sembari memeluk sang ibunda, Salamah (70).

Saat erupsi, mungkin saja Rumini mampu berlari untuk menyelamatkan diri. Namun, hati Rumini tak mampu meninggalkan sang ibu yang sudah tak kuat menopang tubuhnya. Rumini pun memilih menemani sang ibu, seseorang yang melahirkannya ke dunia. Hingga keduanya ditemukan telah tiada dalam kondisi berpelukan. Dalam evakuasi, jenazah Rumini dan Salamah ditemukan di rumahnya di Desa Curah Kobokan, Kecamatan Candipuro, Lumajang. Adik ipar Salamah, Legiman mengaku kaget bukan main. Pasca-erupsi, Legiman tengah mencari kakak ipar dan keponakannya di sekitar rumah. Legiman membersihkan bongkahan tembok yang runtuh. Pencarian ini menemui setitik harapan. Tepat di area dapur, Legiman melihat sebuah tangan. Dia langsung bergegas menggali dan membersihkan reruntuhan di area tersebut.

Rumini dan Salamah ditemukan meninggal dunia dalam kondisi berpelukan. Keduanya merupakan warga Desa Curah Kobokan, Kecamatan Candipuro, Lumajang. Identitas kedua korban diungkap oleh adik ipar Salamah, yakni Legiman. Pada Minggu Legiman menemukan keduanya tertimbun pasir vulkanik. Saat erupsi terjadi, warga memilih untuk menyelamatkan diri dengan meninggalkan rumah.

Namun, Rumini justru memilih tetap di rumah saat erupsi terjadi. Wanita 28 tahun ini ingin menemani sang Bunda. Salamah diketahui sudah tak sanggup berjalan karena faktor usia. Menurut Legiman, suami Rumini dan anaknya selamat dari erupsi. Keduanya sedang dirawat di Puseksmas. Sebelumnya, jenazah ibu memeluk anaknya yang masih balita juga ditemukan.

Baca Juga: Detik-detik Erupsi Gunung Semeru Korban Terus Bertambah

Keduanya yang merupakan korban erupsi Gunung Semeru ini tertimbun abu vulkanik. Kisah ibu dan anak korban erupsi Gunung Semeru ini menjadi viral di media sosial. Kisah Rumini yang memilih menemani sang Bunda saat erupsi Gunung Semeru juga banyak mendapatkan respons dari netizen. Banyak netizen berkomentar dan ikut mendoakan Rumini dan Salamah. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply