Tagar #SAVENOVIAWIDYASARI Trending Twitter, Kasus Bripda Randy

0
T CumaBerita.com, Jakarta. Berdasarkan keterangan kepolisian, Novia sebelumnya ditemukan tewas di dekat makam ayahnya, Dusun Sugihan, Desa Japan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Kamis 2 Desember 2021. Beberapa hari setelahnya, Anggota Polres Pasuruan Kabupaten, Bripka Randy yang merupakan kekasih korban, ditangkap.

Diketahui ia telah memaksa sang pacar untuk menggugurkan kandungan sebanyak dua kali sepanjang mereka menjalin hubungan. Tagar #SAVENOVIAWIDYASARI dan #percumalaporpolisi menjadi trending topic di Twitter usai netizen riuh merespons kasus bunuh diri salah satu mahasiswi perguruan tinggi negeri di Jawa Timur, Novia Widyasari. Kasus bunuh diri Novia melibatkan anggota Polres Pasuruan, Bripda Randy Bagus Hari Sasongko yang merupakan kekasih korban. Tagar #savenoviawidyasari dan #percumalaporpolisi semakin ramai diperbincangkan warganet di jagat Twitter. Tagar #savenoviawidyasari berada di posisi Ke-2 trending topic Twitter dengan dibanjiri 49,5 ribu kicauan. Sedangkan, tagar #percumalaporpolisi dibanjiri 12,4 ribu cuwitan.

Beberapa warganet membanjiri lini Twitter memberikan sederet komentar terkait penanganan kasus tersebut. Sebagian netizen melayangkan doa dan dukungan terhadap Novia dan keluarga akibat kejadian itu. “Al-fatihah, hati dan doaku terpanjatkan bagi seluruh korban kekerasan seksual yang tak terdengar dan diabaikan. Dia (Novia) membutuhkan pertolongan, tapi orang-orang malah menghukumnya. Hatiku hancur. #savenoviawidyasari,” kata seorang pengguna akun Twitter.

Banyak juga warganet yang menilai bahwa Novia tidak bunuh diri, melainkan dibunuh dengan cara dirusak fisik dan psikologinya sehingga kejiwaan korban terganggu. “Dia tidak bunuh diri, tapi dibunuh. Iya, korban dibunuh oleh pelaku dengan memakai tangan si korban itu sendiri. Pelaku merusak fisik dan psikologi korban sehingga kejiwaan korban terganggu.#savenoviawidyasari,” kata @bilangin_.

Selain tagar #savenoviawidyasari, tagar #percumalaporpolisi juga kembali mencuat di tengah gaduh kasus Novia ini. Beberapa netizen mengatakan penanganan kepolisian terhadap kasus Novia menambah panjang deret kinerja yang buruk pihak kepolisian, terutama dalam membela warga yang tertindas. “Kepolisian menangani kasus ini dengan SANGAT buruk. Alih-alih menyatakan pemerkosaan, mereka malah menganggap ‘hubungan layaknya suami istri’ lagi.

Baca Juga: Sosok Rumini Wanita yang Bersama Ibunya Meninggal Berpelukan Saat Erupsi Gunung Semeru

Ini kasus terbaru yang menunjukkan polisi jahat dan tak bertanggung jawab. #percumalaporpolisi,” kata seorang pengguna akun Twitter. Akun @xiaogie* mengatakan ia juga bingung harus melapor ke mana jika membutuhkan keadilan. Sebab, pihak kepolisian terkadang tak menanggapi laporan masyarakat sebelum kasusnya viral di media sosial. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply