Awas Omicron! Varian Baru Covid yang Kini Ada di RI

0
A CumaBerita.com, Jakarta. Omicron adalah varian baru virus Corona yang terdeteksi pertama kali di Afrika Selatan pada 24 November lalu. Kasus COVID-19 varian Omicron di Indonesia pertama kali terkonfirmasi pada satu pekerja Rumah Sakit Wisma Atlet, Jakarta. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengkategorikan varian Omicron ini sebagai Varian of Concern (VoC) atau Varian yang diperhatikan.

Nama Omicron dalam kamus Merriam-Webster dalam bahasa Yunani, Omicron artinya “O kecil”. WHO menggunakan alfabet Yunani secara berurutan dalam menamai varian virus Corona. Hal ini dilakukan WHO untuk memudahkan setiap orang dalam membahas varian-varian virus Corona ini. Namun, dalam penamaan varian baru ini, WHO melewatkan sejumlah urutan alfabet Yunani. WHO melewatkan alfabet Nu dan Xi dalam alfabet Yunani. WHO mengungkapkan melewati huruf “Nu” untuk menghindari kebingungan. Kata “Nu” hampir mirip pelafalannya dengan kata “New” atau Baru. Hal ini berpotensi mengacaukan pemaknaan. Selain itu, “Xi” dilewatkan karena “Xi” merupakan nama keluarga yang umum dipakai di China, seperti nama pemimpin China Xi Jinping.

WHO menghindari penamaan tersebut agar tidak menyinggung tokoh tersebut dan menimbulkan stigma. Kemenkes mengumumkan kasus pertama Omicron di Indonesia pada hari Kamis 16 Desember 2021. Pasien Omicron ini tidak memiliki gejala apapun. Diketahui, pasien tersebut merupakan seorang pegawai pembersih Rumah Sakit Wisma Atlet berinisial N. Ada tiga orang yang diketahui positif Corona, dan salah satunya, pasien N terdeteksi positif varian Omicron.

Ketiga pasien itu saat ini dikarantina di Wisma Atlet. Mereka sudah melakukan tes PCR yang kedua dan hasilnya sudah dinyatakan negatif. Selain 1 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron, Menkes Budi juga mengumumkan adanya 5 kasus Probable Omicron. Kasus Probable Omicron ini artinya belum pasti apakah 5 kasus ini merupakan kasus Omicron atau bukan.

Baca Juga: Fantastis, Blangkon Gus Miftah Laku Rp 900 Juta

Lima orang ini sudah di tes menggunakan tes PCR dengan marker khusus. Saat ini sampel sudah dikirim ke Badan Litbangkes dan sedang dilakukan Run Test WGS. Dalam 3 hari ke depan baru akan diketahui apakah 5 orang ini terjangkit Covid-19 varian Omicron atau bukan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply