Awas Gempa Susulan! Gempa M 6,7 Guncang Banten Hari Ini

0
A CumaBerita.com, Jakarta. Beberapa warga melaporkan gempa terasa di Jakarta, antara lain di JL HR Rasuna Said, Kemang, Blok M, Mampang Prapatan. Guncangan terasa hingga sekitar 1 menit. Sejumlah wilayah di Jakata, Bogor, Tangerang, Bekasi merasakan guncangan Jumat 14 Januari 2022 akibat gempa Magnitudo 6,7 yang berpusat di Banten.

Gempa dilaporkan juga terasa di Sawangan, Depok; Tangerang, Gunung Putri, Kabupaten Bogor; Cirendeu. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa M 6,7 itu berpusat di Sumur, Banten. Mag:6.7, 14-Jan-22 16:05:41 WIB, Lok:7.01 LS,105.26 BT (52 km BaratDaya SUMUR-BANTEN), Kedlmn:10 Km, tidak berpotensi tsunami. Kendati demikian BMKG mengimbau warga agar tetap berhati-hati dengan potensi gempa susulan. Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi. Gempa yang mengguncang Banten berpusat di kedalaman 10 kilometer yang terletak di 52 kilometer Barat Daya, Sumur, Banten. Guncangan susulan pascagempa M6,7 terjadi di Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten, sekitar pukul 16.49 WIB. Berdasarkan informasi, gempa susulan itu kekuatannya 5,7 skala Richter (SR).

Episentrum gempa berada di koordinat 7.03 LS-105.25 BT atau berjarak 54 km Barat Daya Sumur. Melalui aplikasi Info BMKG, tertulis gempa tersebut tidak menyebabkan tsunami. Meski begitu, warga di Kecamatan Cimanggu dan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten, mengevakuasi diri ke tempat yang lebih tinggi. Sempat ada warga yang panik dan keluar rumah. Di sekitar kampungnya, dia belum menemukan adanya kerusakan rumah warga.

Sebagai informasi, dalam rilisnya BMKG menyatakan gempabumi yang episentrumnya berada di Laut pada jarak 132 km arah Barat Daya Kota Pandeglang, Banten itu tak berpotensi tsunami. Guncangan gempa awal itu sendiri terasa hingga jauh yakni Lampung, Jabodetabek, bahkan sampai Bandung dan Tasikmalaya (Jawa Barat). Kepada masyarakat di lokasi terdampak dihimbau agar tetap tenang.

Baca Juga: Ardhito Pramono Ditangkap Karena Ganja Terancam 4 Tahun Penjara

Tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply