Nusantara, Resmi Menjadi Nama Ibu Kota Baru RI

0
N CumaBerita.com, Jakarta. Nusantara dipilih Presiden Jokowi untuk nama IKN baru, ada 80-an nama lain yang telah diusulkan Suharso setelah konsultasi dengan para ahli bahasa. Usulan nama itu mulai dari Nusantara Jaya hingga Nusa Karya. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengumumkan ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur (Kaltim) bernama ‘Nusantara’.

Nama ibu kota baru merupakan perintah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebelumya para ahli bahasa, ahli sejarah yang punya otoritas untuk memberikan knowledge kepada Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN). Para pakar itu memilih kata-kata yang paling tepat dan ini begitu besar sekali di antaranya Negara Jaya, Nusantara Jaya, Nusa Karya, Nusa Jaya, Pertiwipura, Wanapura, Cakrawalapura, Kertanegara. Ada sekitar 80-an lebih (yang diusulkan), tetapi kemudian akhirnya dipilih kata Nusantara, tanpa kata Jaya. Suharso menjelaskan latar belakang penamaan Nusantara untuk ibu kota baru sesuai dengan pasal 1 ayat 1 RUU IKN yakni ibu kota negara adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tempat itu akan jadi satuan pemerintahan daerah yang bersifat khusus setingkat provinsi.

Jadi yang selanjutnya disebut IKN itu dihilangkan menurut ahli bahasa jadi ibu kota negara yang bernama Nusantara adalah satuan pemerintahan daerah yang bersifat setingkat provinsi. Menteri PPN/Kepala Bappenas telah resmi mengumumkan nama ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur yakni Nusantara. Menteri PPN/Kepala Bappenas menyebut nama itu sudah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri PPN/Kepala Bappenas menjelaskan arti Nusantara merupakan konseptualisasi atas wilayah geografi suatu negara di mana konstituennya merepresentasikan kemajemukan budaya dan merupakan konsep kesatuan yang mengungkapkan realitas Indonesia. Nusantara itu sebuah konseptualisasi atas wilayah geografi sebuah negara di mana konstituennya adalah pulau-pulau yang disatukan oleh lautan.

Baca Juga: Snack Makanan Ringan Tricks Bergambar Kaesang Pangarep di Garuda

Di situ terungkap sebuah pengakuan kemajemukan geografis yang melandasi kemajemukan budaya etnis dan seterusnya. Jadi Nusantara itu sebuah konsep kesatuan yang bersedia mengakomodasi kemajemukan itu dan ibu kita Indonesia dengan nama itu mengungkapkan realitas tadi. Nusantara dipilih juga lantaran sudah dikenal sejak dulu dan ikonik secara Internasional. Selain itu, nama itu disebut mudah menggambarkan Republik Indonesia. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply