Sosok Ainun Najib Pria NU Bidang IT, Diminta Jokowi Pulang ke Indonesia

0
S CumaBerita.com, Jakarta. Nama Ainun Najib dikenal tak hanya sebagai kader NU, dia juga dikenal sebagai inisiator platform Kawal Pemilu dan KawalCovid-19. Di Indonesia, platform KawalCovid-19 banyak menjadi rujukan pendataan Covid-19 sejak Maret 2020, bahkan digunakan sebagai bahan pemberitaan.

Presiden Jokowi dalam satu kesempatan menyampaikan niatan memanggil praktisi teknologi informasi (IT) yang juga kader muda Nahdlatul Ulama, Ainun Najib untuk pulang ke Indonesia dan membangun ekosistem digital di dalam negeri. Ainun saat ini berdomisili di negeri jiran Singapura. Seruan ‘pulang kampung’ itu disampaikan Jokowi dalam acara Pengukuhan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2022-2027 di Balikpapan, Kalimantan Timur. Ainun Najib, warga Nahdlatul Ulama (NU) dikenal sebagai pria berprestasi terutama untuk urusan teknologi. Hal tersebut juga yang membuat Presiden Joko Widodo tertarik dan meminta Ainun Najib pulang dari Singapura ke Indonesia sehingga dapat berkontribusi buat negeri.

Dalam laman resmi NU, Ainun Najib disebut telah berprestasi sejak masih duduk di bangku SMA. Sedangkan prestasi Ainun Najib di bidang sains dan teknologi sudah mulai terasah sejak duduk di bangku SMUN 5 Surabaya. Ketika itu, Ainun Najib meraih penghargaan honorable mention setelah menjadi anggota tim Indonesia dalam Olimpiade Informatika Asia Pasifik 2003. Ainun Najib kemudian melanjutkan pendidikan sarjana di Universitas Teknologi Nanyang (NTU) Singapura, jurusan Teknik Komputer.

Ainun Najib pernah mewakili NTU dalam perlombaan pemrograman perguruan tinggi internasional atau ACM ICPC pada 2006-2007, bersama dua mahasiswa Indonesia lainnya. Tim tersebut menjuarai ACM ICPC level regional Asia di Teheran, Iran, pada 2006. Mereka juga ikut bertanding di level dunia yang digelar di Tokyo, Jepang pada 2007. Setelah lulus dari NTU, Ainun Najib bergabung dengan perusahaan, IBM Singapura, sebagai software engineer. Ainun Najib menjabat sebagai konsultan senior.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memuji talenta-talenta muda yang dimiliki NU. Presiden Joko Widodo mengatakan anak-anak muda itu saat ini bekerja untuk perusahaan swasta di luar negeri. Presiden Joko Widodo memberi contoh Ainun Najib yang bekerja di Singapura. Presiden Joko Widodo meminta para kiai untuk merayu Ainun dkk. pulang ke Indonesia.

Baca Juga: Makanan Ini Pantang Dihidangkan Saat Imlek, Dianggap Pembawa Sial

Ainun Najib juga menjadi salah satu inisiator KawalCovid19 dan seorang warga Nahdlatul Ulama (NU) kelahiran Gresik, Jawa Timur, 20 Oktober 1985. KawalCovid19 merupakan situs yang memberikan informasi terpercaya seputar pandemi Covid-19 di Indonesia. Situs ini diluncurkan pada 1 Maret 2020, sebelum pengumuman Presiden Joko Widodo soal dua kasus positif Covid-19 pertama, tepatnya di Kota Depok, Jawa Barat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply