Pengertian Apa Itu Fungsi Yellow Box Junction (Kotak Kuning) di Jakarta 2016

0
P CumaBerita.com, Jakarta. Ada yang baru saat melihat sebuah marka jalan berbentuk bujur sangkar ataupun persegi panjang berwarna kuning tergambar di atas aspal. Seperti di depan Sarinah Jl. MH. Thamrin Jakarta Pusat. Tidak sedikit para pengguna jalan heran apa fungsi marka tersebut. Kotak bujur sangkar atau persegi panjang kuning tersebut dinamakan Yellow Box Junction atau YBJ.

Yellow Box Junction berfungsi sebagai area steril dari kendaraan, dimana bertujuan untuk mencegah terjadinya kemacetan lalu lintas di salah satu jalur. Dengan adanya Yellow Box Junction ini diharapkan kepadatan arus lalu lintas di persimpangan tidak stuck. Aturan Yellow Box Junction seperti ini meskipun lampu rambu lalu lintas menunjukkan warna hijau.

Para pengguna jalan yang belum memasuki area Yellow Box Junction harus berhenti jika di dalam areal kotak kuning tersebut masih ada kendaraan lain. Para pengguna jalan bisa maju jika kendaraan yang berada di dalam Yellow Box Junction sudah keluar.

Baca Juga: Video Diary Syuting AADC 2 (Ada Apa Dengan Cinta) Terbaru di YouTube

Yellow Box Junction sangat berguna di kawasan persimpangan jalan yang padat dan juga di jalan utama. Bagi pengguna jalan yang tetap memaksakan kendaraannya memasuki area Yellow Box Junction, sementara di dalam kotak kuning tersebut masih ada kendaraan lain, maka pengendara tersebut telah melanggar aturan lalu lintas dan akan ditilang. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply